PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA ANAK USIA DINIÂ
Kemampuan bahasa pada anak usia dini dipelajari dan diperoleh secara alamiah dan kemampuan yang diperoleh sejak lahir untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Kemampuan berbahasa akan berkembang dan dipengaruhi oleh kematangan seiring dengan pertumbuhan anak.Â
Perkembangan bahasa awal anak berkaitan erat dengan berbagai kegiatan yang dilakukan anak dan berbagai kegiatan yang mereka alami dengan menyentuh,mendengar serta melihat.
Kemampuan berbahasa anak yang paling umum pada awal perkembangan adalah berbicara. Pada awal perkembangan berbicara anak dilakukan melalui stimulus pada indra pendengaran dan kemampuan berkomunikasi yang baik.Â
Hal itu terjadi apabila ditinjau dan didukung dengan suasana lingkungan dimana anak tinggal serta pengaruh orang yang berada disekitarnya serta didukung dengan media atau sarana prasarana sehingga akan menghasilkan perkembangan bahasa yang bervariatif.Lingkungan yang banya memberikan stimulasi akan memperkaya perbendaharaan kata anak.
Dalam kehidupan sehari-hari,perkembangan bahasa anak semakin berkembang melalui berkomunikasi dengan orang orang yang berada dilingkungan sekitarnya. Dalam komunikasi ini,keterampilan mendengarkan dan berbicaradigunakan secara terpadu dan berkembang bersama-sama.Â
Seiring berjalanya waktu perkembangan berbahasa anak dalam berkomunikasi akan semakin berkembang dan tidak hanya berkomunikasi dalam mendengarkan dan berbicara,akan tetapi perkembangan bahasa lain yang berkembang dalam diri anak yakni menyimak,membaca,serta menulis.
Dalam pembelajaran berbahasa untuk anak,ada berbagai macam cara/metode yang dapat dilakukan dan digunakan untuk mendapatkan capaian hasil  perkembangan bahasa anak.Untuk mencapai hasil yang diharapkan dalam capaian hasil belajar perkembangan bahasa anak penyampaian dan pembelajaran harus dilakukan dengan tatacara / urutan yang benar dan disesuai dengan usia anak.Â
Adapun macam macam metode yang dapat dilakukan dapam pembelajaran untuk pengembangan capaian belajar berbahasa anak antara lain :
1. Metode bercakap-cakap
   Metode bercakap-cakap adalah mengkomunikasikan pikiran dan perasaan melalui lisan antara anak dan guru atau anak dan anak.
   Tujuanya menggunakan metode bercakap-cakap antara lain yaitu : mengembangkan keberanian anak dalam menyampaikan     pendapatnya serta memberi kesempatan anak untuk berekspresi secara lisan,memperbaiki lafal dan ucapan,menambah perbendaharaan/kosa kata,menambah pengetahuan anak.
2. Metode bercerita