Konstruksionisme merupakan aliran pendidikan yang mempengaruhi ide-ide pragmatisme. Rekonstruksionismemempercayai bahwa realitas sosial itu selalu berubah-ubah, sebagai konsekuensinya mereka memandang seolah itu sebagai lembaga sosial tempat untuk mengembangkan daya kritis peserta didik atau melihat persoalan di sekitarnya.
Tokoh Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme.
1. Corolinepart.
Beliau mengemukakan ide-ide tentang sesuatu yang dapat memberikan anak-anak kesempatan untuk mewakili dunia mereka sendiri dan manusia menempuh sebuah pendidikan agar manusia tersebut mampu berfikir secara efektif dan kritis.
2. Jhon Dewey.
Ia berpendapat bahwa sebuah pendidikan merupakan tonggak setiap siswa untuk belajar dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan siswa yang lainnya. Karena siswa merupakan generasi di masa yang akan datang dan yang akan membawa perubahan kearah yang positif.
3. George Count dan Harold Rugg.
Dalam pemikiran mereka ber dua memiliki pemikiran dimana di dalam pendidikan manusia harus menjadi manusia yang bar, yang di maksud manusia yang baru ialah manusia yang adil, berkompetensi, dapat merubah kearah positif dan lain-lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H