Mohon tunggu...
Siti FahiraRamadhanty
Siti FahiraRamadhanty Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi KKN Tematik UPI 2021

Hallo !! Saya Siti Fahira Ramadhanty Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Digital Marketing untuk Para Pelaku UMKM agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

30 Juli 2021   11:28 Diperbarui: 30 Juli 2021   12:11 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat buruk, bukan hanya kepada kesehatan manusia, tetapi berdampak pada pertumbuhan ekonomi di dunia sehingga terjadi memburuknya sistem keuangan.

UMKM memiliki peranan penting terhadap perekonomian Indonesia terutama ketika terjadi krisis. Salah satu karakteristik utama ekonomi Indonesia adalah besarnya peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dijalankan oleh masyarakat dengan pangsa mencapai lebih dari 99% dari total keseluruhan jumlah unit usaha di Indonesia.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini para pelaku UMKM harus bisa melakukan inovasi serta memanfaatkan kanal pemasaran dan penjualan online untuk menjaga keberlangsungan usaha.

Selain itu para pelaku UMKM juga harus bisa menata ulang strategi bisnisnya. Dalam kondisi seperti saat ini, UMKM perlu melakukan penyesuaian diri dalam hal produk dan melakukan beberapa strategi pemasaran untuk bertahan.

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh UMKM termasuk lini produk baru dan memperbaharui sistem pemasaran yang ada, karena bisnis yang mampu bertahan yaitu bisnis yang responsif terhadap perubahan lingkungan.

Salah satunya dengan digital marketing, Pandemi Covid-19 menyebabkan berkurangnya jumlah konsumen di beberapa sektor dan industri, hal ini menuntut pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produk secara maksimal dan memikirkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif.

Semakin pesatnya perkembangan era digital seperti saat ini tidak mungkin untuk dihindari. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini apabila ingin tetap bertahan, maka UMKM harus mampu memaksimalkan manfaat dari perkembangan digital.

Digital marketing merupakan proses mempromosikan bisnis secara online. Digital marketing mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet.

Bentuk digital marketing yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM adalah melakukan publikasi video dan foto produk di sosial media secara intensif.

Pengguna sosial media ini perlu disesuaikan dengan segmen produk yang dimiliki. Pelaku UMKM dituntut untuk selalu belajar dan berpikir terbuka terhadap teknologi yang semakin berkembang.

Tentunya pemasaran secara digital juga mempertimbangkan menggunakan media yang cocok dan cara komunikaasi yang tepat yang disesuaikan dengan segmen atau pangsa pasar yang dipilih. Sehingga pemasaran akan lebih efektif dan tidak salah sasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun