Mohon tunggu...
Siti DwiNafisah
Siti DwiNafisah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Al-falah As-sunniyah

Hallo guys, salam kenal ya.. Saya Siti Dwi Nafisah biasa dipanggil Nafisah, mahasiswa prodi Ekonomi Syariah semester 6 di Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong - Jember.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Digital Marketing Menjadi Kunci, KKN Kolaborasi Posko 035 Mendorong UMKM untuk Melebarkan Sayap Pemasaran

11 Agustus 2024   15:08 Diperbarui: 11 Agustus 2024   15:27 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Bersama Pelaku UMKM 

JEMBER - Sebagian besar pekerjaan masyarakat di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu bergelut di bidang pertanian. Produk pertanian yang bergantung dengan kondisi musim dan cuaca membuat kegiatan UMKM juga semakin digemari oleh masyarakat khususnya para ibu-ibu. Produk UMKM di Desa Sabrang sangat beragam mulai dari susu kambing segar, bakpia, kuping gajah, ladrang, nastar, abon, hingga produk sabun cuci piring pun sudah diproduksi di desa Sabrang. Akan tetapi, kegiatan pemasaran produk UMKM desa Sabrang masih dipasarkan di area sekitar desa bahkan hanya beberapa produk yang dipasarkan sampai keluar desa. Hal tersebut membuat kelompok KKN Kolaboratif #3 di desa Sabrang ingin meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM di desa Sabrang melalui Digital Marketing.

Sosialisasi Terkait Digital Marketing 
Sosialisasi Terkait Digital Marketing 

Kamis, 8 Agustus 2024, Kelompok KKN-K #3 posko 035 menggelar pelatihan Digital Marketing di Aula Desa Sabrang. Pelaku UMKM di desa Sabrang sangat antusias untuk mengikuti serangkaian acara mulai awal hingga akhir. Acara diawali dengan sesi pemaparan materi, cara meningkatkan nilai produk melalui pemotretan, dan dilanjutkan dengan pembuatan akun e-commerce sebagai media pemasaran. Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM di desa Sabrang untuk mempelajari terkait Digital Marketing yang sudah tidak asing lagi di zaman sekarang. "Saya bersyukur karena dapat mengikuti kegiatan ini, kegiatan ini memang saya butuhkan, karena saya ingin produk saya bisa dipasarkan lewat online" Ujar ibu Puji Lestari salah satu pelaku UMKM di Desa Sabrang.

Dokumentasi Bersama DPL setelah pelaksanaan sosialisasi Digital Marketing 
Dokumentasi Bersama DPL setelah pelaksanaan sosialisasi Digital Marketing 

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meluaskan jangkauan pasar produk UMKM di desa Sabrang dengan mengenalkan e-commerce yang saat ini marak digunakan oleh masyarakat. Kelompok 035 KKN Kolaborasi akan terus mendampingi para pelaku UMKM untuk mendalami terkait digital marketing. Nantinya diharapkan para pelaku UMKM di desa Sabrang dapat memasarkan produknya melalui platform digital dengan sebaik mungkin secara mandiri dan konsisten.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun