Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning ( STP) di Brand Azrina Beauty
Azrina Beauty merupakan sebuah brand yang dimiliki oleh CV Clerina Wijaya Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan dan perawatan kulit dengan komitmen yang tinggi terhadap inovasi dan kualitas produk.
Brand juga sangat peduli terhadap tanggung jawab sosial, yang terlihat dari konsistensi Azrina Beauty dalam melaksanakan kegiatan berbagi kepada sesama, serta dukungannya terhadap aksi kampanye "Hero of Humanity" pada bulan November 2023. Dalam kampanye ini, Azrina Beauty memberikan bantuan berupa dana medis untuk Palestina.
Hal, ini juga yang menjadi salah satu branding dari Azrina beauty dimana mereka memiliki tujuan untuk memancarkan kecantikan dengan kebaikan.
Adapun STP yang digunakan Azrina beauty adalah sebagai berikut jika kita menganalisa dari media sosial dan marketplace nya.
Segmentation
Di Azrina Beauty sendiri jika kita lihat dari media sosialnya di Instagram maupun tik tok desainnya lebih mengarah kepada audiens perempuan yang berusia 17-25 tahunan dapat dilihat dari pemilihan warna, konten kreator yang dipilih, hingga bahasa marketing yang digunakan. Yaitu warna-warna yang soft dan imut.
Targeting
Target Pasar yang dipilih oleh Azrina beauty jika melihat dari jumlah customer yang memberikan ulasan di Marketplacenya seperti di Shopee ataupun Tik Tok hampir 80% nya merupakan perempuan dengan usia 13-40 tahun . Adapun produk yang dijual merupakan skincare, bodycare, da juga lipcare.
Positioning
Definisi Positioning menurut Philip Kotler menyatakan bahwa positioning adalah tindakan merancang produk, dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu di ingatan konsumen.
Salah satu produk yang viral dan menjadi andalan di Azrina Beauty adalah masker charcoal nya yang dapat membantu untuk exfoliasi wajah sekaligus membantu untuk membersihkan komedo. Azrina beauty mengangkat hastag #jagoanhempaskomedo yang menjadi ciri khas dari produk andalan mereka.
Produk dari Azrina Beauty sendiri sudah terjual hingga jutaan pcs di semua media platform nya.