Mohon tunggu...
Siti Aisyah
Siti Aisyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Membahas mengenai update berita terkini dari berbagai sumber
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa Universitas Siber Asia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning (STP) di Brand Azrina Beauty

17 Desember 2023   19:33 Diperbarui: 17 Desember 2023   20:45 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning ( STP) di Brand Azrina Beauty

Azrina Beauty merupakan sebuah brand yang dimiliki oleh CV Clerina Wijaya Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan dan perawatan kulit dengan komitmen yang tinggi terhadap inovasi dan kualitas produk.

Brand juga sangat peduli terhadap tanggung jawab sosial, yang terlihat dari konsistensi Azrina Beauty dalam melaksanakan kegiatan berbagi kepada sesama, serta dukungannya terhadap aksi kampanye "Hero of Humanity" pada bulan November 2023. Dalam kampanye ini, Azrina Beauty memberikan bantuan berupa dana medis untuk Palestina.

Hal, ini juga yang menjadi salah satu branding dari Azrina beauty dimana mereka memiliki tujuan untuk memancarkan kecantikan dengan kebaikan.

Adapun STP yang digunakan Azrina beauty adalah sebagai berikut jika kita menganalisa dari media sosial dan marketplace nya.
Segmentation

Di Azrina Beauty sendiri jika kita lihat dari media sosialnya di Instagram maupun tik tok desainnya lebih mengarah kepada audiens perempuan yang berusia 17-25 tahunan dapat dilihat dari pemilihan warna, konten kreator yang dipilih, hingga bahasa marketing yang digunakan. Yaitu warna-warna yang soft dan imut.

Targeting

Target Pasar yang dipilih oleh Azrina beauty jika melihat dari jumlah customer yang memberikan ulasan di Marketplacenya seperti di Shopee ataupun Tik Tok hampir 80% nya merupakan perempuan dengan usia 13-40 tahun . Adapun produk yang dijual merupakan skincare, bodycare, da juga lipcare.

Positioning

Definisi Positioning menurut Philip Kotler menyatakan bahwa positioning adalah tindakan merancang produk, dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu di ingatan konsumen.

Salah satu produk yang viral dan menjadi andalan di Azrina Beauty adalah masker charcoal nya yang dapat membantu untuk exfoliasi wajah sekaligus membantu untuk membersihkan komedo. Azrina beauty mengangkat hastag #jagoanhempaskomedo yang menjadi ciri khas dari produk andalan mereka.
Produk dari Azrina Beauty sendiri sudah terjual hingga jutaan pcs di semua media platform nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun