Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang berperan sebagai perantara yang dimana dapat mengantarkan informasi pembelajaran kepada peserta didik sehingga dapat merangsang imajinasi, daya pikir, dan minat peserta didik. Dalam hal ini tentunya untuk mencapai suatu tujuan yaitu dalam hal pendidikan. Manfaat Media Pembelajaran dalam proses belajar mengajar menurut Kustandi dan Sutjipto (2013:23) : Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat melancarkan serta meningkatkan hasil belajar. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya, dan memungkinkan siswa untuk belajar sendiri sesuai kemampuan dan minatnya. Media pembelajaran juga dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristwa yang terjadi dilingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi secara langsung antara siswa dengan guru, masyarakat dan lingkungannya.
Melalui program MBKM magang mandiri prodi PGSD yang dilaksanakan di SDN Cikoneng selama kurang lebih 4 bulan. Mahasiswa bertugas untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah salah satunya adalah program pembuatan media. Dengan melihat pada karakteristik siswa SD kelas 2 yaitu menyukai benda-benda konkret dan senang terlibat pada pengalaman langsung. Maka, dalam hal ini saya membuat media pembelajaran "Jam Dinding" untuk digunakan Siswa Kelas 2 pada pembelajaran Matematika. Media jam dinding ini terbuat dari karton kardus bekas yang dilapisi kertas HVS berwarna yang diberi angka jam dan menit lalu bisa ditambahkan hiasan supaya menarik. Siapkan soal-soal berisi kalimat pendek tentang aktivitas sehari-hari dan siswa diminta untuk menunjukan arah jarum jam.
Langkah kerja menggunakan media pembelajaran ini:
1) Guru menyiapkan beberapa soal yang berisi kalimat pendek tentang aktivitas sehari-hari
2) Siswa menunjukan arah jarus jam sesuai dengan pertanyaan yang diperoleh
3) Guru meng-cross check jawaban siswa.
4) Guru bisa memberikan reward jika jawaban siswa benar.
5) Penggunaan media ini bisa divariasikan sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.