Peran sebagai Calon Guru Penggerak ( CGP )  terkait erat dengan materi yang dipelajari dalam lokakarya enam tentang pengembangan program sekolah yang berpihak pada murid. Salah satu ide yang menarik dari kegiatan pembelajaran lokakarya enam  adalah betapa pentingnya inisiatif perubahan yang mengutamakan pelibatan dan pengembangan diri yang berkelanjutan bagi warga sekolah. Hal ini mendorong CGP untuk mempertimbangkan pendekatan kolaboratif dan kontinu dalam pengembangan program sekolah, karena hasilnya dapat lebih sesuai dengan kebutuhan dan potensi murid.
Identifikasi kekuatan diri yang mendukung program sekolah adalah konsep utama yang CGP pelajari dan penting untuk dipertahankan. Mengetahui kekuatan ini membantu mereka merencanakan strategi pengembangan yang lebih baik karena mereka dapat memanfaatkan potensi yang ada dan mengarahkannya ke arah pencapaian tujuan yang diinginkan.
Setelah lokakarya enam ini, CGP merasa perlu melakukan perubahan terkait dengan pengembangan program sekolah. Untuk mendukung pengembangan sekolah, CGP ingin lebih fokus pada rencana penguatan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran. Ini termasuk meningkatkan kemampuan CGP untuk memimpin tim, bekerja sama dengan berbagai pihak, dan mengelola perubahan dengan lebih baik.
Berdasarkan tujuan belajar yang telah ditetapkan, CGP berharap dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan tersebut meliputi pembuatan rencana kerja satu tahun untuk pengembangan sekolah, pengenalan kekuatan diri yang mendukung program sekolah, dan pembuatan rencana penguatan kompetensi diri yang sesuai dengan kondisi dan sumber daya sekolah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H