Mohon tunggu...
Siti Sundari
Siti Sundari Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika, Pengajar Praktik ( PP) PGP Angkatan 5 dan PP Angkatan 9

Membentuk Masa Depan Melalui Ilmu dan Pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendampingan Individu 2 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kab. Sumedang

25 Maret 2024   14:47 Diperbarui: 25 Maret 2024   14:50 11115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. pribadi/ig sitisundratithea

Pada kegiatan ini, Calon Guru Penggerak (CGP) diminta untuk mengisi survei umpan balik 360 derajat  yang kedua kepada rekan sejawat, siswa, kepala sekolah, dan dirinya sendiri. Proses yang dilakukan oleh CGP adalah sebagai berikut:

  • CGP mengunduh format umpan balik dari folder format umpan balik dan memberikan format tersebut kepada kepala sekolah, lima rekan guru, dan lima siswa untuk diisi.
  • Menggabungkan umpan balik dari kepala sekolah, rekan guru, dan siswa---pilih umpan balik siswa sesuai dengan jenjang yang diajarkan---serta umpan balik dari CGP itu sendiri.
  •  Mempelajari hasil dari kuesioner umpan balik dari kepala sekolah, rekan guru, dan siswa, kemudian menganalisis dan menyimpulkan jawaban. 
  • Hasil refleksi dapat ditemukan dalam kuesioner PI.2.9. Refleksi Hasil Umpan Balik Kompetensi Guru Penggera

Waktu Pendampingan Individu 2, Kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 2. Tema Pendampingan: Perubahan Paradigma Pemimpin Pembelajaran.
Fokus Pendampingan: Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah; Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2, dan 1.3; dan diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1. Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan kepada KS dan warga sekolah, dengan dimoderasi oleh Pengajar Praktik (PP).

Langkah-langkah pendampingan:

  • Pada awal bagian pendampingan, yang berlangsung selama sepuluh menit, pengajar praktik menyapa calon guru penggerak dan menjelaskan topik pendampingan. PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan.
    Saat CGP menyiapkan pendampingan individu, pengajar praktik menanyakan proses kegiatan yang telah dilakukan selama satu bulan terakhir, pembelajaran daring dan rencana tindak lanjut pendampingan individu 1, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan jurnal hasil pemantauan pembelajaran daring). Pengajar praktik juga memastikan dokumen yang dibutuhkan. Akan lebih baik jika guru praktik mengingatkan CGP untuk meminta izin dari kepala sekolah beberapa hari sebelum kunjungan PI- 2.
  • Bagian inti pendampingan (160') Refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah (15'). Lakukan diskusi dengan CGP tentang lingkungan belajar di sekolah dengan menggunakan pertanyaan permatik berikut:
    Bagaimana Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat membantu guru penggerak Anda?
    Apa jenis bantuan yang mereka tawarkan?
    Apa kesulitan yang Anda hadapi saat menjadi guru penggerak di sekolah Anda?
    Apa yang bapak dan ibu lakukan untuk mengatasi masalah ini?
    Apa yang akan Anda lakukan untuk memaksimalkan kegiatan pendidikan guru penggerak Anda?
    Setelah mempelajari modul 1.1, 1.2, dan 1.3., pikirkan tentang perubahan diri Anda selama 15 menit. Diskusikan dengan CGP tentang perubahan apa pun yang Anda rasakan setelah mempelajari modul tersebut dengan menggunakan pertanyaan pematik berikut: Apa yang telah bapak/ibu pelajari?
  • Bagian akhir pendampingan (10 menit): Pikirkan tentang proses pendampingan saat ini. Apa yang paling menarik bagi Bapak/Ibu setelah proses ini? Apa yang menarik perhatian Bapak/Ibu?
    Apa yang sudah dilakukan pendamping dengan baik dan apa yang perlu diperbaiki pada kegiatan pendampingan berikutnya?
    Berbagi praktik yang baik dari pembelajaran online sangat dihargai.
    Dengan mempertimbangkan CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan, dan memasukkan survei tentang kompetensi guru penggerak ke dalam LMS (lembar umpan balik, lampiran 3). Satu minggu sebelum pelaksanaan PI 3, CGP harus melakukan hal-hal berikut: menyebarkan kuesioner Lembar Umpan Balik dengan responden kepala sekolah, rekan guru, dan perwakilan murid CGP (5 orang).

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun