Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Posko 30 gelar Workshop Kewirausahaan: Pengoptimalan UMKM jadi Bisnis yang Impactfull dan Cuanfull dengan Digital Marketing. Kegiatan ini dilaksanakan di RW 07 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang pada hari Jumat (04/08/23).
Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Lurah Kelurahan Bulusan beserta jajarannya, pegiat UMKM Kelurahan, Ketua RW 07, remaja dan pelaku UMKM setempat. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menginspirasi masyarakat dan pegiat UMKM dalam mencapai bisnis yang berdampak baik pada keuntungan dalam berbisnis dan tentunya bisnis yang dapat menghasilkan laba yang maksimal. Serta, kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan tentang pemasaran melalui internet atau yang dikenal dengan sebutan "Digital Marketing."
Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran atau promosi suatu merk atau brand suatu produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah guna menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efektif, relevan, dan efisien. Digital marketing bermanfaat untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, mendongkrak angka penjualan, dan tentunya lebih hemat dalam mempromosikan produk yang dimiliki.
Seminar dimulai pukul 19.00 WIB yang dipandu oleh moderator, Rindi Saputri. Acara diawali dengan pembukaan yang diisi dengan sambutan oleh Ibu Lurah Kelurahan Bulusan dan Koordinator Desa Posko 30 KKN MIT UIN Walisongo Semarang, Muhammad Fadlin Nafi, yang kemudian acara dilanjutkan ke acara inti. Acara workshop kewirausahaan ini diisi oleh pemateri yang berkompeten dalam bidang pemasaran melalui digital atau internet, yaitu Fitri Khoirina. Narasumber tersebut merupakan pemilik (owner) sebuah toko online serta CEO Ashqaf Hijab, brand yang bergerak dalam bidang fesyen.
Ketua pelaksana dalam acara ini, Fikri Hamzah, mengapresiasi kinerja panitia atas terselenggaranya acara ini dengan lancar. Serta, berterima kasih kepada partisipan yang turut hadir dan mengikuti acara workshop kewirausahaan ini dengan penuh semangat.
"Semoga dengan diadakannya acara ini dapat merubah kebiasaan para pelaku usaha yang sebelumnya masih memasarkan produk yang dimilikinya melalui sistem offline atau jual beli secara umum dan sekarang mampu beralih dengan memanfaatkan sosial media atau internet sebagai alat jual beli," ungkap Fikri Hamzah.
Acara workshop kewirausahaan ini merupakan kelanjutan dari program kerja Pelatihan Ecoprint dari Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 30 yang dilaksanakan di RW 07 Kelurahan Bulusan pada (31/08/2023). Di dalam acara tersebut kami tidak lupa untuk memamerkan hasil produk Pelatihan Ecoprint yang sudah jadi dan siap untuk dipasarkan.
Oleh karena itu, dengan diadakannya workshop kewirausahaan yang mengangkat tema digital marketing mampu memberikan dampak positif untuk remaja, pelaku UMKM baik yang bergerak dalam bidang fashion maupun makanan, minuman, dan produk lainnya, serta masyarakat yang ingin memulai berbisnis untuk dapat melek teknologi dan memanfaatkan internet dan sosial media dalam pemasaran produk yang ingin dipasarkan.
Demikian informasi mengenai workshop kewirausahaan dari Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 30 di RW 07 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang.