Surabaya, 28 Juni 2024 – Mahasiswa Fasilitator SOTH 2024 Fakultas Psikologi dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yakni Siti Rahmawati, Tabitha Russella Pamuja, dan Ardhan Wisnu Febrianto, dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan Rizki Dwi Bakhtiar Surin, S.Psi., M.Psi., Psikolog, melaksanakan kegiatan turun lapangan di Kecamatan Bubutan untuk mengadakan Pelatihan kegiatan edukatif guna mengatasi dampak negatif penggunaan gadget pada anak-anak.
Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang tua yang memiliki anak usia dini. Acara dimulai dengan sambutan dari MC yang memperkenalkan Bapak Kecamatan Bubutan untuk memberikan arahan kepada peserta. Tujuan utama acara ini adalah memberikan pemahaman tentang dampak penggunaan gadget dan memberikan motivasi kepada peserta agar lebih bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan.
Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking "Simon Berkata" untuk melatih fokus dan kecepatan peserta serta mencairkan suasana. Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan interaksi antar peserta, menciptakan lingkungan yang lebih santai dan menyenangkan sebelum memasuki materi inti.
Sebelum materi disampaikan, peserta mengikuti pre-test untuk mengukur pemahaman awal mereka mengenai pengaruh gadget. Pre-test ini dilakukan menggunakan metode soal tulis dengan jawaban pilihan ganda. Hasil pre-test membantu fasilitator menyesuaikan materi yang akan disampaikan sesuai dengan kebutuhan peserta.
Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini mencakup berbagai aspek mengenai gadget dan dampaknya pada anak-anak. Topik yang dibahas meliputi definisi dan jenis-jenis gadget, studi kasus, ciri-ciri anak yang kecanduan gadget, dampak negatif dari bermain gadget, serta strategi orang tua dalam mengelola penggunaan gadget. Selain itu, pentingnya aktivitas positif dan kreatif sebagai alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada gadget juga dibahas secara komprehensif.
Setelah sesi materi, dilakukan ice breaking "Senam Ayam Jago" untuk mengajak peserta bergerak aktif. Kegiatan ini tidak hanya menyegarkan tubuh tetapi juga mempererat hubungan antar peserta, meningkatkan semangat dan kesiapan mereka untuk sesi selanjutnya.
Untuk mengevaluasi pemahaman peserta setelah mendapatkan materi, dilakukan post-test dengan metode yang sama seperti pre-test. Hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, menandakan keberhasilan sesi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Sebagai penutup, peserta diajarkan tentang aplikasi Alat Permainan Edukatif (APE) dengan tema "Ular Tangga Safari". Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan alternatif kreatif dalam mengembangkan keterampilan anak-anak. Metode yang digunakan adalah ceramah dan bermain, memberikan pengalaman praktis bagi peserta.
Kegiatan diakhiri dengan evaluasi singkat oleh MC, yang menyampaikan terima kasih kepada peserta atas partisipasi aktif mereka. MC kemudian menutup acara dengan mengarahkan peserta dan panitia untuk melakukan sesi dokumentasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H