Dalam memasarkan suatu produk untuk mengembangkan bisnis  pasti ada rancangan-rancangan untuk mengembangkan bisnis tersebut agar bisa tetap berjalan lancar sesuai dengan keingianan kita, dan setiap marketing pasti ada rencana-rencana agar pemasaran produk yang kita jual bisa sukses, adapun rencana dalam pemasaran pasti tidak akan luput dengan strategi-strategi dalam menjalani marketing busines, sebelum lanjut bagaimana marketing plan bisa menjadi suksesnya bisnis harus mengetahui terlebih dahulu apa MARKETING PLAN.
APA ITU MARKETING PLAN?
Marketing plan ialah sebuah penerapan dari strategi/ cara  pemasaran perusahaan yang terdapat berbagai cara untuk mencapai sebuah target dalam bisnis.
Sudah taukan apa itu marketing plan selanjutnya harus mengetahui strategi marketing. Kenapa harus mengetahui strategi marketing? Karena didalam marketing plan terdapat strategi-strategi dalam menjalani bisnis.
Strategi Marketing ialah pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Dalam menerapkan marketing plan harus mengetahui faktor-faktor marketing plan, faktor faktor inilah yang bisa menetahui arah marketing dan bisnis.
Adapun faktor-faktor marketing plan antara lain:
- Harus mengetahui ringkasan dan tujuan perusahaan.
- Menentukan target dan standar yang harus dicapai.
- Menentukan target pasar
- Menetapkan konten promosi pemasaran
- Mengenali kompotitor (saingan pemasaran)
- Tetapkan fokos dan memprioritaskan ide yang yang sempurna
- Menetapkan budget.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H