Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan atau bisa disebut dengan PLP 2. PLP 2 ini dilakukan untuk memenuhi mata kuliah PLP 2 di semester 7. Adapun tujuan diadakannya PLP 2 ini untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi, serta merasakan langsung proses pembelajaran dan memantapkan jati diri pendidik dengan menjadi asisten guru yang dilakukan melalui: Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, Menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru, Menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru, Membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar,dan perangkat evaluasi, Menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, Latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP 2, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik, Melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler, Membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi, Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, media pembelajaran,bahan ajar, LKS, dan perangkat evaluasi).Â
Kegiatan PLP 2 ini dilakukan selama 3 bulan, dimulai pada tanggal 3 Januari hingga 1 April 2022 yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. SMA Muhammadiyah 23 Jakarta ini beralamatkan di Jl. Delima II No IV, Rw. 03. Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Kegiatan PLP 2 dilakukan secara perkelompok yang terdiri dari 5 mahasiswa Pendidikan Biologi yang beranggotakan Siti Lestari, Salsabila, Mahliyah, Novita Yuli Astuti dan Rani Alvama Dewi. Kelompok kami dibimbing oleh dosen pembimbing bapak Luthpi Safahi, M.Pd dan kedua guru pamong kami dari SMA Muhammadiyah 23 Jakarta yaitu Bapak Dendi Nurhasandi, S.Pd dan Abdul Rokhim, M.Pd. Selama kegiatan PLP 2 ini berlangsung, kami banyak sekali mempelajari banyak hal baru seperti mempelajari administrasi guru yaitu dimulai dengan Mengetahui karakteristik dari peserta didik, Mendesain Penilaian Perumusan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), Menganalisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Mereview Materi yang akan diajarkan, Menyiapkan stamina, Mengelola Emosi, Membuat Perangkat Pembelajaran, Memilih media pembelajaran yang cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik nya tidak bosan, Menyiapkan RencanPelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selain itu, kami juga berbagi pengalaman dengan guru-guru lain yang ada di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta yaitu pada saat mengajar dan menghadapi berbagai sifat dari peserta didik.Â
Setelah 3 bulan kami melakukan kegiatan PLP 2 di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta, kami meminta izin berpamitan kepada kepala sekolah, dewan guru dan seluruh peserta didik disetiap kelasnya. Tak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala sekolah yang sudah menerima dan memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan kegiatan PLP 2 di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Tak lupa juga kami izin berpamitan kepada guru pamong kami yang sudah membimbing dan mengevaluasi kami selama berada di kelas dan sekolah. Terakhir kami berpamitan kepada semua dewan guru SMA Muhammadiyah 23 Jakarta, tak lupa juga kami mengucapkan terima kasih telah menerima kami di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta dan yang terakhir kami pun berpamitan dengan seluruh peserta didik yang sudah seperti teman bagi kami dalam proses pembelajadan selama di kelas, mereka dengan hati yang baik menerima kami untuk mengajar mereka dalam waktu 3 bulan ini.
Kami berharap, kegiatan PLP 2 ini dapat bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran di SMP Harapan Srogol umunya dan dan untuk kami mahasiswa khususnya. (13/03/2022)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H