Mohon tunggu...
Siska Surya
Siska Surya Mohon Tunggu... -

saya ingin selalu tau.. dan saya akan terus mencari tau dan belajar.. saya sangat butuh masukan dan ilmu baru...\r\nkarna saya punya sebuah mimpi...\r\nsimple women.. never go never know.. ^_^

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Mindset Masyarakat Itu yang Harus Diubah

4 April 2012   09:01 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:03 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Merupakan sebuah pengalaman dan pengamatan saja...
Banyak masyarakat yang menganggap pelayanan di birokrasi pemerintahan itu jelek, di persulit, berbelit-belit dan lain sebagainya, Kenapa? ya Karna masyrakat telah lebih dahulu berpresepsi seperti itu dan prestasi di pemerintahan tersebut tidak terlihat oleh masyarakat.

Selain itu sifat  masyrarakat sekarang yang inginnya serba instan dan tidak mau mengikuti jalur dan proses yang berlaku, padahal mengikuti jalur-jalur yang ada justru akan memperlancar,, tapi ya kembali lagi pada manusia yang sekarang maunya langsung ada tanpa mau berkorban.

Pengalaman saya kemaren, mungkin ini pengalaman pertama berkunjung kesalah satu dinas yang ada di tempat saya berdomisili sekarang, kebetulan saya mendapatkan tugas penelitian dan saya bagian meminta data dan informasi kedinas tersebut. Dengan semangat saya ingin mencoba berurusan dengan birokrasi yang ada kata sebagian teman-teman saya  "Sudah downlod saja datanya paling di internet bertebaran, kalau kamu ke dinas itu nanti akan di persulit data mu tidak akan dapat " hmmm.. semakin semangat lah menuju dinas tersebut. Dengan pikiran positive tanpa di hinggapi pikiran yang aneh-aneh saya masuk ke gedung tersebut dan mengikuti jalur yang ada. Pertama ya harus melalui sekretaris dulu untuk tanda ada surat masuk, kemudian saya di persilahkan menuju ruangan lantai atas untuk bagian data ya tidak langsung juga lah ya di kasih kayak minta uang jajan, lapor dulu lagi suratnya ke bagian penerima nah baru menuju petugas yang mengetahui data dan informasi apa yang kita inginkan selesai dapat lah data dan informasinya, dan alhamdulillah saya mendapatkan data dan informasi sesuai yang saya inginkan dan puas... Nah sekarang apanya yang sulit ya,,??
Berfikir : Mungkin yang di sebut orang-orang dipersult itu ya mesti lapor meja satu dan meja satunya lagi. Tapi menurut saya itu wajar ya itu peraturan yang ada kita sebagai yang mau di layani ya harus ikut patuh pada peraturan yang ada, tidak mungkin sekali sesuatu yang kita inginkan itu langsung ada tanpa ada usaha "mustahil"

Jadi malah curcol, Mindset pada masyarakat ini lah yang  harus dihilangkan agar terjadi kesinambungan antara pemeritah dan masyarakat, akhir-akhir ini kita lihat masyarakat dan pemerintah seperti tidak ada sinkronisasi sama sekali karna masyarakat sudah duluan negative thinking. Dan sosialisasi pada masyarakat dari pemerintah tetang tata cara menikmati pelayanan pemerintah yang baik. Akan begitu damai dan indah melihat masyarakat dan pemerintah sama-sama membangun dan berkolaborasi.


#just opinion and thinking

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun