Mohon tunggu...
Vincentia Stephani
Vincentia Stephani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/UPN Veteran Jawa Timur

Just a communication student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jadi Dewasa

9 Mei 2023   22:30 Diperbarui: 9 Mei 2023   22:31 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://twitter.com/TheFitistan/

Halo! Nama saya Vincentia Stephani. Seringkali dipanggil Stevanie ataupun bahkan step. Saya adalah mahasiswa semester 6 di salah satu universitas negeri di Surabaya. Saat ini saya berusia 20 tahun, yang hidup sendirian di kos padahal saya punya keluarga di Surabaya. 

Dari dulu saya selalu berpikir untuk ingin cepat menjadi seorang pribadi yang dewasa agar merasakan kebebasan yang sesungguhnya. Tetapi saat ini, yang ada justru saya ingin kembali menjadi seorang anak kecil yang kerjaannya hanya makan, main, dan tidur setiap harinya. Kita sadari semakin dewasa seseorang semakin banyak sekali tanggung jawab yang harus dilakukan. Sama seperti yang saya temukan ini.  

Bukan hanya itu saja, kita sadari semakin dewasa juga semakin mengecil lingkup pertemanan kita. Seperti teori social exchange menurut Harold Kelley dan John Thibaut kepuasan yang diperoleh seseorang dari suatu hubungan adalah kekuatan utama dari suatu hubungan interpersonal. Teori ini menggambarkan bagaimana orang menilai suatu hubungan dengan orang lain, dimana dalam suatu hubungan sosial yang dimiliki orang tersebut terdapat unsur imbalan (reward). Teori pertukaran sosial juga menyatakan bahwa hubungan manusia dianalogikan dengan hubungan ekonomi, yaitu yang berhubungan dengan imbalan dan biaya, dimana orang melihat hidup sebagai pasar karena orang menginginkan imbalan untuk menutupi pengeluarannya.

Saya sendiri saat ini selalu mencari lingkup pertemanan yang memberikan dampak ataupun feedback menguntungkan bagi saya. Beda halnya pada saat masa kecil kita tidak memikirkan hal tersebut. Kita berteman, bergaul, dan berbicara dengan siapapun asalkan kita nyaman dan merasa senang berinteraksi dengan mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun