Mohon tunggu...
Sis Hartika
Sis Hartika Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hoby saya bermain bulutangkis dan menonton film

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Adanya Dorongan Berkarya Seni Sebagai Salah Satu Cara Terbaik untuk Menumbuhkan Minat Peserta Didik Tingkat SD dalam Pembuatan Sebuah Karya Seni

30 April 2024   11:01 Diperbarui: 30 April 2024   12:40 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kerajinan Tangan Hasil Karya Peserta Didik Kelas 4 A SD Negeri 4 Menteng, Kota Palangka Raya

Terciptanya sebuah seni bukan tanpa alasan, seni lahir karena adanya dorongan berkarya seni. Adanya dorongan dalam berkarya seni ini membantu mengklasifikasikan/mengkategorikan seni yang dibuat oleh seseorang termasuk kategori seni karena adanya dorongan apa didalam diri seseorang tersebut.

Sebagai seorang guru yang akan mengajarkan pembelajaran seni kepada peserta didiknya. Guru harus mempelajari dan mengetahui serta dapat menidentifikasi karya seni yang telah dibuat peserta didik termasuk didalam karya seni yang tercipta karena adanya dorongan apa dalam diri peserta didik tersebut. Terciptanya sebuah karya seni itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bukan tanpa alasan. Tetapi karena adanya dorongan yang membuat seseorang menciptakan sebuah karya seni.

Dorongan berkarya seni itu ada beberapa macam, sebagai seorang calon guru alangkah lebih baiknya harus mengetahui dan mempelajari dorongan-dorongan berkarya seni tersebut untuk bekal dalam memberikan pelajaran seni kepada peserta didiknya kelak.

Dorongan-dorongan dalam berkarya seni sebagai berikut:

1. Dorongan magis atau religius (keagamaan)

Banyak contoh karya seni yang dapat dibuat peserta didik karena adanya dorongan magis atau religius (keagamaan) didalam dirinya. Peserta didik yang berada di dalam satu kelas tentunya memiliki agama dan kepercayaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Inilah yang menyebabkan beragamannya karya seni yang dapat dibuat oleh peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Berikut beberapa contoh karya seni yang dibuat peserta didik tingkat SD karena adanya dorongan magis atau riligius:

a) Peserta didik yang beragaman Islam menggambar seni kaligrafi, dorongan berkarya seni ini dilandasi dari penghayatan ayat-ayat dalam kitab suci Al-Qur`an sehingga seni kaligrafi tersebut memiliki keindahan atau nilai estetika tersendiri bagi setiap peserta didik yang membuatnya.

b) Peserta didik yang beragama Budha menggambarkan patung Budha sebagai pengingat dan pemusatan pemikiran kepada seluruh umat Budha untuk selalu bermeditasi untuk memperoleh ketenangan diri.

Dari beberapa contoh diatas mengenai penciptaan karya seni karena adanya dorongan magis dan religius, dapat kita lihat bahwa peserta didik dapat membuat karya seni sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya. Sebagai seorang guru dalam hal ini, diharapkan mampu membimbing, memotivasi peserta didik, dan saran jika peserta didik memerlukan hal tersebut untuk kelancaran dalam pembuatan karya seninya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun