Mohon tunggu...
SISKA MEILANI RAMFITA
SISKA MEILANI RAMFITA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemasaran di Era Digital

22 Juni 2023   17:40 Diperbarui: 22 Juni 2023   17:45 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini banyak perusahaan atau wirausaha khususnya dalam lembaga keuangan yang melakukan kegiatan promosi pemasaran dalam menjual produknya. Di era digital ini banyak masyarakat yang sudah memanfaatkan untuk menjual bahkan sampai tren marketing. Banyak diketahu dari kita bahkan konsumen menginginkan yang serba cepat dan sesuai dengan kebutuhanya, menggunakan aplikasi bahkan perusahaan besar pun sampi menyebutnya dengan Super Apps.

Seiring dengan berjalanya waktu promosi pemasaran melalui kanal digital menghasilkan jangkauan yang lebih luas sehingga dapat membantu mencapai tujuan bisnis perusahaan maupun mencapai target pasar yang diinginkanya. Adapaun beberapa aplikasi atau kanal digital untuk promosi pemasaran baik yang gratis maupun berbayar telah banyak yang kita kenal.

Beberapa contoh strategi pemasaran digital diantaranya adalah:

  • Menggunakan media sosial

Media sosial ini sudah banyak orang bahkan semua orang menggunakan smartphone saat ini menggunakan sosial media dalam berinteraksi dengan orang lain. Bahkan mencari informasi tentang hal baru di social media. Media sosisal tidak hanyak digunakan untuk berkomunikasi saja melainkan bisa di gunakaan untuk promosi suatu produk dengan adanya media sosial ini ssangat membantu masyarakat untuk mengenalkan bahkan mempromosikan produknya lewar media sosial ini. Untuk aplikasi yang digunakan untuk media promosi contohnya dengan menggunakan aplikasi instagram, whatsaap, facebook dan twittr. Lewat media sosial ini bisa mempromosikan bahkan menjualkan brang atau produk yang lebih berkembang.

  • Melalui website

Yang selanjutnya selain menggunakan apliasi media promosi juga bisa menggunakan website loh.  Bahkan sebelum aplikasi di era medsos penggunaan website ini sudah dulu dipakai oleh banyak perusahaaan sebagai sarana promosi perusahaan. Saat ini juga website masih digunaakan oleh banyak perusahaan sebagai representasi wajah perusahaan. Selain itu website berfungsi untuk memberikan informasi mengenai produk, potongan harga dan lain sebagainya. Website juga sebagai sarana memperluas jangkauan target pasar. Dengan adanya website bisnis bisa dapat dikenal oleh banyak orang sehingga bisa meningkatkan penjualan dari sana

  • Menggunakan Konten Menarik

Istilah konten ini sering kita dengar. Dengan adanya konten bisa menjadi salah satu cara untuk kita mempersentasikan tentang diri kita lebih dikenal. Bahkan enggak sedikit orang melakukan promosi dengan cara membuat konten menarik. Dengan contoh aplikasi tik tok. Aplikasi tik tok berisi tentang konten yang bisa menjualkan bahkan mempromosikan produknya lewat tik tok. Promosi menyertakan dengan live produk agar konsumen lebih paham tentang produk yang kita jual. Bukan sekedar paham tetatpi juga menyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual bukan produk yang abal-abal. Dengan membuat konten yang menarik produk yang kita jual semakin dikenal banyak orang bahkan dapat meluaskan relasi dan partnersip. Apabila stick friends menerapkan content marketing yang memikat, akan banyak brand lain, baik brand sejenis maupun lintas brand yang mengajak kerja sama.

  • Menggunakan influencer

Selain mempromosikan menggunakan influencer juga bisa. Karena selain untuk meyakinkan konsumen juga butuh dengan orang yang dapat mempengaruhi untuk bertindak atau melakukan sesuatu. Karena influencer sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan. Influencer ini memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya hal inilah yang menjadi alsan mengapa promosi menggunakan jasa influencer sangatlah efektif.

  • Giveaway 

Cara untuk menarik konsumen agar membeli produk yang dijual dengan mengadakan giveaway.  Giveaway ini menjadi senjata paling ampuh untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Giveaway ini biasanya berupa hadiah maupun uang tunai melalui media sosial seperti instagram. Semakin banyak giveaway yang diberikan menjadikan produk makin dikenal oleh masyarakat umum.

  • Program membership

Menjaga keberlangsungan pelanggan agar terus menggunakan produk kita, strategi marketing selanjutnya dapat menerapkan program membership. Dalam program membership tersebut.  Program membership adalah model bisnis yang memberikan penawaran terhadap calon pelanggan untuk mendapatkan berbagai keuntungan, poin loyalty dan informasi penting seputar brand secara gratis maupun berbayar. Semakin aktif dalam mempromosikan perusahaan ataupun produk kepada konsumen atau maupun masyarakat luas menjadikan produk kita menjadi salah satu top of mind  ketika mereka membutuhkan produk yang diperlukan



Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun