Menjadi seorang Mahasiswa tentunya harus mempunyai berbagai macam kegiatan yang harus diikuti guna menunjang skill dan kemampuan. Seperti kegiatan magang, yang menjadi salah satu syarat wajib Mahasiswa semester 6 prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan memahami etika profesional dengan merasakan langsung ke dunia profesi, serta untuk mendapatkan kesempatan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang didapat saat mengikuti kegiatan perkuliahan.
Penulis mendaftarkan magang melalui jalur MSIB Batch 6 dan keterima di sebuah kemitraan yaitu Yayasan Hasnur Centre unit Codero divisi Business Development di Kantor Tangerang Selatan. Yayasan Hasnur Centre melalui salah satu unitnya, yaitu PT Pengembangan Inovasi Pengajaran (PT PIP) merilis unit Codero dan menjadi mitra Kemendikbud serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar tentang jalannya operasional di sebuah Perusahaan pelatihan Coding dan Robot. Â Perusahaan Codero adalah lembaga pelatihan Coding dan Robotic yang bertujuan untuk mendorong pengembangan kreativitas, berpikir kritis dan penguasaan teknologi sejak usia dini. Codero tidak hanya berfokus pada pengenalan teknologi saja tetapi juga berkontribusi langsung pada pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) nomer 4 untuk meningkatan pendidikan yang bermutu dan berkualitas berbasis teknologi.Â
Magang di Codero memiliki beberapa posisi atau divisi salah satunya yaitu Posisi Business Development Sales & Partnership, Posisi ini merupakan salah satu bagian utama dan paling penting dalam keberlangsungan perusahaan, hal ini dapat diartikan sebagai ide, inisiatif ataupun aktivitas yang membuat perusahaan terus tumbuh dan berkembang serta semakin membaik dalam hal meningkatkan penjualan, meningkatkan profitabilitas, meningkatkan cakupan pasar, mencari klien atau membuat kerjasama yang strategis dengan perusahaan lain.Â
Durasi magang dilakukan selama 5 bulan, dari bulan Februari hingga Juni. Selama magang berlangsung penulis sebagai tim business development bertugas untuk mencari customer, mitra, dan sekolah level menengah untuk ditawarkan kerjasama dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler maupun kursus di center, serta kerjasama kemitraan atau center partner. Untuk menjalankan pekerjaan tersebut divisi business development menggunakan beberapa strategi yaitu
- B2B (Business to Business) yang targetnya adalah sekolah untuk melakukan kerjasama ekstrakulikuler dan Intrakurikuler.
- B2C Â (Business to Customer) yaitu fokus mencari anak atau murid untuk dapat melakukan kursus di centre codero, yang berada di Bintaro Sektor 3Â
- Partnership ( Center Partner) yaitu menawarkan kerjasama ke mitra pendidikan atau tempat bimbingan belajar anak untuk dapat berkolaborasi mendapatkan customer bersama dengan persyaratan dan mekanisme yang telah ditentukan.
Pada pelaksanaan Strategi B2B penulis juga beberapa kali kunjungan atau visit ke sekolah untuk menawarkan kerjasama secara langsung. Sebelum melakukan visit biasanya penulis melakukan perjanjian dengan pihak sekolah. Gambar dibawah ini adalah dokumentasi setelah kunjungan dan menawarakan program ke Sekolah Al-Azhar BSD.Â
Bukan hanya itu saja penulis juga ikut serta dalam kegiatan kompetisi, event, open house dan open booth yang diselenggarakan oleh Codero dan berbagai sekolah serta mitra wilayah Jabodetabek. Contohnya seperti keikutsertaan penulis dalam kegiatan Festival Sekolah Prestasi Global Depok.Â
Pengalaman yang  menarik bagi penulis adalah ditugaskan untuk mengikuti kegiatan Open House center Bintaro di setiap akhir bulan. Penulis dapat bertemu langsung dengan para murid serta orang tua murid dan membantu divisi teacher untuk mengajar para murid yang sangat menggemaskan. Serta pengalaman paling menarik bagi penulis yaitu dapat melakukan closingan atau kerjasama dengan Center Partner di wilayah BSD yaitu Bimbel Sakamoto Icon BSD.Â
Dengan durasi magang 5 bulan, penulis banyak sekali mendapatkan pengalaman-pengalaman baru serta kemampuan baru seperti marketing, negosiasi, team work dan masih banyak lagi yang haru penulis tingkatkan. Bukan hanya itu, penulis juga mendapatkan relasi dan wawasan dengan orang-orang hebat yang sudah banyak pengalamannya. Serta penulis selalu dibimbing dengan mentor yang baik dan partner atau rekan kerja yang saling membantu.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H