Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Sosok Pilihan

Akhirnya Milih Juga

9 Desember 2020   08:33 Diperbarui: 9 Desember 2020   08:38 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dok.Pri Siska Artati

Meski pada lembar undangan pemungutan suara Pilkada di kota saya tertera pukul 10.45 WITA, saya dan suami bersemangat datang ke TPS pukul 08.00. Jarak rumah ke tempat pemungutan suara hanya 5 menit saja.

Tak seperti pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, suasana di perumahan kami sepi saja, kiranya tak seantusias perhelatan nasional. Bisa jadi hal ini karena masa pandemi, sehingga tetangga dan warga sekitar berusaha mematuhi protokol kesehatan.

TPS 12 sangat lengang, hanya petugas yang hadir dan siap menyambut saya dan suami. Tak ada antrian yang berarti, sehingga kami langsung dilayani. Mulai dari pembersihan tangan menggunakan handsanitizer, pengukuran suhu, presensi di meja pertama, penggunaan sarung tangan plastik (untuk memegang paku besar saat mencoblos di bilik suara), dan terakhir pastinya adalah surat suara yang akan menjadi sasaran coblosan. Hehehe.

Pilkada Kota Samarinda tahun 2020 mengusung tiga calon pasangan Walikota dan Wakil Walikota, masing-masing adalah: 

Nomor Urut 1  - Muhammad Barkati dan Muhammad Darlis, diusung oleh Partai Amanat Nasional ( PAN) Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Nomor Urut 2 - Andi Harun dan Rusmadi yang diusung oleh PDIP, Gerindra, NasDem, PKB, PPP, PKS dan Hanura

Nomor Urut 3 Zairin Zain dan Sarwono yang berasal dari Independen atau Perseorangan

Saya tak akan mengulas lebih jauh tentang para pasangan calon ini, bukan bidang saya membahas tentang mereka. Namun, minimal sejak ditetapkannya ketiga pasangan ini oleh KPU setempat, saya mengikuti dan membaca informasi berkaitan dengan ketiga pasangan yang bakal jadi pemimpin di Kota Tepian.

Saya mengapresiasi dengan para petugas di TPS yang menyiapkan segala sesuatunya seusai protokol yang ditetapkan. Terlihat tak ada kendala dalam pelaksanaan. Sebelum memasukkan hasil pilihan, saya sempatkan foto dulu deh kertas suaranya. 

Sluup! Surat suara yang sudah saya coblos pun mendarat mulus melalui lubang kotak suara. Jari kelingking saya pun merona biru, hehehe. Semoga semuanya berjalan lancar dan tertib hingga pesta demokrasi di daerah selesai.

Alhamdulillaah, akhirnya milih juga!

Bagaimana dengan Kota atau Kabupaten di kota Anda?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun