Mohon tunggu...
siscaayudia 22
siscaayudia 22 Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Melakukan hal yang bermanfaat termasuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kegiatan Hasil Lokakarya 2 PGP Angkatan 10 Kabupaten Asahan

10 Juni 2024   21:47 Diperbarui: 10 Juni 2024   23:01 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lokakarya 2 PGP Angkatan 10 Asahan /dok. pri

Sabtu, 08 Juni 2024 telah berlangsung Lokakarya 2 PGP Angkatan 10  yang berlangsung di Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan. Dengan Tema "Visi Untuk Perubahan Lingkungan Belajar" diharapkan menjadi bekal CGP dalam meningkatkan kompetensi pemahaman nya dalam menambah kompetensi dirinya dalam menjalani pendidikan guru penggerak.

Kelas dipimpin oleh 3 orang pengajar praktik antara lain : 1. Sisca Ayudia 2. Rica Aslilan Sinaga 3. Mahlida Siallagan dan 15 Calon Guru Penggerak yang dimulai dengan pembukaan dan tahapan pembelajaran.

Pengajar Praktik Angkatan 10/dok. pri
Pengajar Praktik Angkatan 10/dok. pri

Adapun Tahapan Pembelajarannya adalah 

1. Diskusi Visi, Prakarsa Perubahan dan Canvas BAGJA

 Pada kegiatan ini, masing-masing CGP di kelompoknya menyajikan Visi, Prakarsa perubahan, dan Canvas BAGJA. Setelah itu, CGP lainnya memberikan umpan balik baik berupa pertanyaan atau pernyataan atas apa yang ingin digali lebih lanjut terhadap visi prakarsa perubahan yang dipaparkan CGP didepan kelas.

Presentasi Visi Prakarsa Perubahan CGP/dok. pri
Presentasi Visi Prakarsa Perubahan CGP/dok. pri
2. Membuat Keyakinan Kelas

Pada kegiatan pembuatan keyakinan kelas ini, masing-masing kelompok berbagi peran. Ada yang berperan sebagai guru, murid, dan observer.

Intinya, setiap kelompok mempraktekkan bagaimana proses pembuatan keyakinan kelas. Dari mulai berupa pernyataan dalam bentuk peraturan, lalu dirubah ke dalam kalimat positif yaitu nilai kebajikan universal dan disederhanakan lagi hingga menjadi keyakinan kelas serta membuat tabel T dan Tabel Y dan memposisikan tugas Guru dan Tugas Murid . Sehingga, keyakinan kelas sudah benar-benar isinya adalah nilai kebajikan yang benar-benar bisa dipahami oleh murid. Dimana yang bertindak sebagai observer hendaknya meng observasi jalannya kegiatan diskusi yang telah dilakukan.

Secara sederhananya, pembuatan keyakinan kelas itu adalah dari kita, oleh kita, dan untuk kita.Dan diharapkan nantinya warga kelas bisa benar-benar menjalankannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun