Mohon tunggu...
Sipa Nurhidayah
Sipa Nurhidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Sipa merupakan mahasiswa PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN UPI 2023 Melakukan Penyuluhan di SDN Darmajaya, Kelurahan Cilamajang, Kecamatan Kawalu

18 Agustus 2023   08:00 Diperbarui: 18 Agustus 2023   08:14 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Mahasiswa KKN kelompok 03 UPI Kampus Tasikmalaya yang bertempat di Jalan Gunung Subang, Kelurahan Cilamajang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat beranggotakan 7 orang dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melakukan penyuluhan Pola Hidup Sehat di kelas I SDN Darmajaya.

KKN 2023 ini mengusung tema yang mana kelompok 03 mendapatkan tema "si penting" yaitu "mahasiswa peduli stunting". Dengan adanya tema tersebut diharapkan masyarakat Kelurahan Cilamajang mampu lebih memahami dan peduli terhadap bahayanya stunting bagi kesehatan anak.

Stunting merupakan masalah yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya. Penyebab langsung stunting adalah faktor penyakit dan asupan gizi. Kedua faktor tersebut berhubungan dengan faktor pola asuh, akses terhadap makanan, akses terhadap layanan kesehatan dan sanitasi lingkungan (Poltekkes Kemenkes Denpasar,2022).

Untuk menindaklanjuti faktor penyebab stunting mengenai asupan gizi terhadap makanan anak, mahasiswa KKN UPI Kampus Tasikmalaya kelompok 03 berkolaborasi dengan pihak SDN Darmajaya, Dusun Genteng, Kelurahan Cilamajang, Kecamatan Kawalu, mengadakan penyuluhan Pola Hidup Sehat kepada kelas I untuk mencegah stunting.

Materi pola hidup sehat yang disampaikan lebih difokuskan pada makanan bergizi yaitu empat sehat lima sempurna. Dimana materi disajikan melalui proyektor dengan media audio-visual berupa video simulasi mengkonsumsi makanan sehat dan makanan tidak sehat serta menyanyi bersama tentang makanan empat sehat lima sempurna.

Makanan sehat merupakan makanan yang dibutuhkan tubuh yaitu makanan yang mengandung berbagai nitrisi seperti makanan empat sehat lima sempurna yang seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidarat seperti nasi, protein seperti daging dan telur, lemak sehat seperti pada susu, dan vitamin seperti buah-buahan dan sayuran.(Halodoc.com oleh Dr. Rizal Fadli).

Sedangkan makanan yang tidak sehat yaitu berbagai jenis atau bahan makanan yang mengandung gizi tidak seimbang, jenis makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, umumnya makanan tidak sehat hanya mengandung sedikit zat dan sedikit serat, kandungan dalam jenis makakanan ini juga bisa berbahaya. Apabila makanan tidak sehat dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan berbagai dampak negatif seperti meningkatkan risiko timbulnya penyakit, menghambat perkembangan tubuh, mengurangi kecerdasan otak, mengurangi fungsi gerak anggota badan, bahkan dapat menimbulkan kematian. (Halodoc.com oleh Dr. Rizal Fadli).

Dalam kegiatan penyuluhan yang dilakukan dapat diperhatikan bahwa siswa-siswi yang ikut berpartisipasi sangat aktif dan antusias untuk memahami materi, hal tersebut dapat diketahui berdasarkan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan pemantik dari mahasiswa, memperhatikan dan menyimak materi video dengan baik, serta ikut aktif dalam menyanyikan lagu makanan empat sehat lima sempurna.

Setelah kegiatan penyuluhan, siswa melakukan kegiatan refleksi berupa tanya jawab bersama mahasiswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. 

"makanan sehat terdiri dari nasi, sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan susu sedangkan makanan yang tidak sehat yaitu jajanan sembarangan yang dimakan tanpa sarapan" ujar salah satu siswa kelas I SDN Darmajaya dalam refleksi yang dilakukan.

Namun, dari 42 terdapat 2 siswa yang masih belum memahami materi sehingga dapat dikonfirmasi mengenai jawaban siswa yang belum tepat tersebut agar lebih paham mengenai jawaban yang lebih tepat dari materi yang telah disampaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun