Minggu, 19 Juli 2023 bertempat di Gedung Sasana Krida Karang Taruna, Palmerah, 12 orang mahasiswa Program Studi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melakukan sebuah kegiatan seminar dengan tema "Pemasaran Berbasisi Media Sosial: Mengoptimalkan Potensi Pasar Digital.
Pemuda merupakan sumber daya manusia memiliki kedudukan penting ditengah-tengah masyarakat mereka diharuskan untuk dapat mengakses ilmu pengetahuan, pemahaman serta berkontribusi secara nyata sebagai agen of change dalam dinamika kehidupan. Pada sekarang ini para pemuda dihadapkan bisa kuat dengan tantangan besar akibat era globalisasi. Pesatnya era globalisasi dan teknologi ini akan mempengaruhi generasi muda penerus bangsa. Media sosial sendiri pada dasarnya adalah bagian dari pengembangan internet. Kehadiran beberapa dekade lalu telah membuat media sosial dapat berkembang dan bertumbuh secara luas dan cepat seperti sekarang. Salah satu dampak dari pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial yaitu pasar digital, di mana semu orang dalam melakukan pesaran prosuk, membranding produk maupun membranding dirinya sendiri dapat dilakukan dengan media sosial.
Â
Pemasaran dalam media sosial ini ialah proses meraih kunjungan pengguna internet ke situs tertentu atau perhatian khalayak ramai melalui situs-situs sosial media. Dalam pemasaran digital dibutuhkannya kreativitas, oleh karena itu kegiatan seminar "Pemasaran Berbasisi Media Sosial: Mengoptimalkan Potensi Pasar Digital" ini dilaksanakan, yang merupakan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat tepatnya di Kelurahan Palmerah.
Untuk mengisi acara dan memberikan edukasi kepada masyarakat remaja di wilayah Kelurahan Palmerah, kegitan ini mengundang ibu Magvira Yuliani, S.Sos., M.Ikom, merupakan seorang praktisi komunika dan salah satu dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka dan Firly Rachmah Istighfarin, merupakanSeorang praktisi radio, MC, dan Voice Over Talent sejak tahun 2010. Kehadiran dari dua orang ahli ini sungguh sangan mengedukasai, dan menginspirasi, dimana para audience di beri pemahaman bagaimana cara mengoptimalkan pasar digital dan pemahaman bagaimana suara dapat berpengaruh dalam menghidupkan suasana.
Tidak hanya itu perwakilan dari mahasiswa tersebut yaitu Farhan Riza Putra turut memberikan meteri yang berisi tata cara penggunaan suatu platform digital "CANVA" sebagai alat desain grafis yang dapat digunakan untuk mengedit suatu foto menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu Farhan Riza juga seorang sedang mengembangkan usaha kopi, ia juga berbagi pengalammnya dalam membuat iklan dengan aplikasi Canva.
"Menurut saya penggunaan canva ini sangat memudahkan bagi seorang pemula, saya juga dalam membuat daftar menu kopi, dan iklan juga suka menggunakan canva, karena sangat mudah digunakan untuk pemula" tutur Farhan Riza.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H