Mohon tunggu...
Sinta Melinda
Sinta Melinda Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWI UNIVERSITAS MERCU BUANA | NIM 43223010015 - PRODI S1 AKUNTANSI

Mata Kuliah: pendidikan anti korupsi dan kode etik UMB. Dosen Pengampu: Prof. Dr. apollo Daito, S.E., Ak., M.Si., CIFM, CIABV., CIABG Universitas Mercu Buana Meruya Prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pujangga Agung Raden Ngabei Ranggawarsita

31 Oktober 2024   14:00 Diperbarui: 31 Oktober 2024   14:00 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
DokpriPof Apollo
DokpriPof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo
Pof Apollo

Pujangga Agung Raden Ngabei Ranggawarsita

Ratu Adil versi Ranggawarsita

Raden Ngabei Ranggawarsita adalah salah satu pujangga besar dari Jawa yang hidup pada abad ke-19, terkenal karena karyanya yang mengandung wawasan tentang sosial, budaya, spiritual, dan politik masyarakat Jawa pada masanya.

 Ia berasal dari keluarga cendekiawan dan sastrawan Keraton Kasunanan Surakarta dan menyandang gelar "Pujangga Agung" atas kontribusinya yang signifikan dalam sastra Jawa. Salah satu konsep penting dalam karya-karyanya adalah tentang Ratu Adil, yang sangat berpengaruh dalam pemikiran spiritual dan pergerakan masyarakat Jawa.

Konsep Ratu Adil Menurut Ranggawarsita

Ratu Adil dalam pandangan Ranggawarsita merupakan seorang tokoh ideal yang diyakini akan muncul untuk memimpin dan menegakkan keadilan serta membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Konsep ini terinspirasi dari keyakinan masyarakat Jawa tentang Satria Piningit, seorang pahlawan atau pemimpin tersembunyi yang muncul pada waktu yang tepat untuk mengembalikan tatanan dan kesejahteraan.

 Dalam tradisi Jawa, Ratu Adil dianggap sebagai sosok yang memiliki kekuatan spiritual dan moral yang sangat tinggi, yang ditunjuk secara gaib oleh Tuhan untuk membawa kebenaran dan keadilan.

Ratu Adil sebagai Simbol Harapan

Pada masa Ranggawarsita, masyarakat Jawa hidup di bawah tekanan penjajahan kolonial Belanda yang menimbulkan ketidakadilan, kemiskinan, dan penderitaan. Dalam konteks ini, Ratu Adil juga merupakan simbol harapan bagi masyarakat yang tertindas. Harapan ini memberikan kekuatan batin bagi masyarakat yang mengalami krisis sosial dan ekonomi, serta menjadi motif perlawanan secara halus terhadap penindasan.

Dalam karya-karya Ranggawarsita, terutama di serat-serat (karya tulis) seperti Serat Kalatidha, Serat Sabdajati, dan Serat Jayabaya, Ratu Adil digambarkan sebagai sosok yang akan datang di tengah zaman edan (zaman yang penuh dengan kekacauan) untuk membawa perubahan. Ia sering kali menggambarkan sosok Ratu Adil ini dengan karakter-karakter khusus yang berkaitan dengan keberanian, kebijaksanaan, dan kemurnian hati.

Ciri-Ciri Zaman Edan dan Tanda Kehadiran Ratu Adil

Ranggawarsita dalam karyanya menjelaskan bahwa kehadiran Ratu Adil akan didahului oleh masa yang dikenal sebagai Kalatidha atau zaman edan (zaman kacau), di mana terjadi banyak hal yang tidak wajar, nilai-nilai kebajikan merosot, ketidakadilan merajalela, dan orang-orang baik terpinggirkan. Beberapa ciri zaman edan yang disebutkan antara lain:

  • Banyak orang hidup tanpa memegang prinsip moral atau etika.
  • Terjadi ketidakadilan yang nyata, di mana yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin tertindas.
  • Pemimpin yang tidak berwibawa dan tidak bisa memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya.
  • Kemerosotan nilai-nilai spiritual dan moral di masyarakat, serta meningkatnya nafsu materialisme.

Menurut Ranggawarsita, hanya sosok dengan kekuatan spiritual dan moral yang besar yang dapat mengembalikan keseimbangan. Ratu Adil dipercaya akan datang ketika zaman ini mencapai puncak kekacauan untuk kemudian membawa keadilan dan mengangkat derajat rakyat yang tertindas.

Ratu Adil dalam Serat Kalatidha dan Pesan Moral Ranggawarsita

Dalam Serat Kalatidha, Ranggawarsita menyampaikan bahwa manusia yang hidup di zaman edan harus mampu eling lan waspada (sadar dan berhati-hati). Di sini, ia tidak hanya berbicara tentang Ratu Adil sebagai tokoh, melainkan mengajak setiap orang untuk menjadi bagian dari perubahan dengan memperkuat nilai-nilai moral di dalam dirinya. 

Meskipun Ratu Adil digambarkan sebagai figur yang mungkin akan muncul di masa depan, Ranggawarsita juga menekankan bahwa setiap individu memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan nilai-nilai kebenaran dan keadilan, meskipun situasi di sekitarnya tidak mendukung.

Interpretasi Modern Terhadap Ratu Adil Ranggawarsita

Seiring dengan perkembangan zaman, konsep Ratu Adil sering kali diinterpretasikan dalam berbagai konteks sosial, politik, dan spiritual. Di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, misalnya, konsep Ratu Adil diadaptasi sebagai simbol perlawanan terhadap penjajah. Banyak tokoh dan pemimpin pergerakan yang dianggap sebagai Ratu Adil oleh rakyat karena membawa semangat perjuangan demi kemerdekaan dan keadilan.

Di era modern, Ratu Adil juga bisa dimaknai sebagai setiap pemimpin yang mampu memberikan keadilan, mengutamakan kesejahteraan rakyat, serta memiliki integritas dan moral yang tinggi. Pemikiran Ranggawarsita mengenai Ratu Adil ini juga terus relevan dalam pencarian masyarakat akan sosok pemimpin yang ideal di tengah situasi sosial yang kompleks dan penuh tantangan.

Pengaruh Karya Ranggawarsita dan Konsep Ratu Adil dalam Kebudayaan Jawa

Ranggawarsita mewariskan karya-karya yang bukan hanya sekadar sastra, tetapi juga mengandung nilai-nilai filosofis dan spiritual yang sangat mendalam. Konsep Ratu Adil yang ia jelaskan mencerminkan filosofi Jawa yang sangat kaya dan berakar kuat pada budaya Jawa tentang kepemimpinan yang sejati. Hingga kini, konsep ini tetap hidup dalam masyarakat Jawa dan menjadi bagian penting dalam spiritualitas serta pandangan hidup mereka.

Secara keseluruhan, pemikiran Ranggawarsita tentang Ratu Adil bukan hanya tentang figur yang diharapkan datang pada masa depan, melainkan juga tentang ajakan untuk mempertahankan keadilan dan kebaikan di tengah situasi yang penuh tantangan. Melalui karyanya, Ranggawarsita menunjukkan bahwa harapan akan perubahan dan perbaikan adalah kekuatan yang bisa membuat masyarakat tetap kuat di tengah ketidakpastian zaman.

What

konsep Ratu Adil versi Raden Ngabei Ranggawarsita juga memiliki makna yang sangat spiritual dan simbolis, menyoroti pandangan beliau terhadap kepemimpinan, etika, dan kebenaran yang bersumber pada kearifan lokal serta pemahaman spiritual yang mendalam. Berikut ini adalah beberapa aspek penting lain dari konsep Ratu Adil menurut Ranggawarsita:

Ratu Adil Sebagai Lambang Kesempurnaan Rohani

Ranggawarsita tidak hanya melihat Ratu Adil sebagai sosok fisik, tetapi juga sebagai manifestasi kesempurnaan rohani yang dicapai seseorang yang telah melewati proses spiritual yang mendalam. Ranggawarsita sering menggambarkan bahwa calon pemimpin yang akan menjadi Ratu Adil harus memiliki jiwa yang bersih, pemahaman tentang dunia spiritual, dan kesadaran yang tinggi tentang kebenaran sejati. 

Dalam filsafat Jawa, ini berarti seseorang harus mencapai tingkatan spiritual yang melampaui kebutuhan material dan ego pribadi. Jadi, Ratu Adil versi Ranggawarsita adalah sosok yang memancarkan cahaya kebenaran dan keadilan sejati, bukan sekadar karena kedudukannya, tetapi karena kemurnian jiwanya.

Peran Ratu Adil sebagai ‘Sang Pamomong’ atau Pengayom Rakyat

Dalam karya-karyanya, Ranggawarsita menggambarkan Ratu Adil sebagai pemimpin yang berperan sebagai pamomong atau pengayom, seorang yang mengayomi rakyatnya tanpa melihat perbedaan strata sosial. Berbeda dengan pemimpin biasa, Ratu Adil adalah sosok yang tidak hanya mengurusi kebutuhan materi rakyat, tetapi juga peduli pada kesejahteraan spiritual dan moral mereka. Dengan menjadi pamomong, Ratu Adil memikul tanggung jawab untuk menjaga keseimbangan hidup, baik di dunia nyata maupun di dunia batin rakyatnya.

Ratu Adil Sebagai Penjaga Harmoni Alam Semesta

Pandangan Ranggawarsita tentang Ratu Adil juga mencakup aspek alam semesta, di mana Ratu Adil dianggap sebagai penjaga keseimbangan antara manusia, alam, dan kosmos. Dalam kepercayaan Jawa, hubungan antara manusia dan alam harus selalu harmonis, dan seorang pemimpin yang adil memiliki kewajiban untuk menjaga keharmonisan ini. 

Ratu Adil di sini bukan hanya pemimpin manusia, tetapi juga pelindung seluruh ciptaan. Ini berarti Ratu Adil memahami pentingnya menjaga alam dari eksploitasi berlebihan dan menegakkan prinsip Tri Hita Karana, yaitu harmoni antara manusia dengan Tuhan, alam, dan sesama manusia.

Ratu Adil sebagai Sosok Misterius dan Tidak Mudah Ditemui

Ratu Adil dalam konsep Ranggawarsita adalah sosok yang mungkin tidak akan dikenali secara langsung oleh masyarakat pada awalnya. Ia sering kali digambarkan sebagai seorang Satria Piningit atau ‘kesatria tersembunyi’, yang berarti bahwa ia berada dalam bayang-bayang dan muncul hanya ketika diperlukan.

 Ini sesuai dengan konsep kepemimpinan yang tidak haus kekuasaan dan tidak mencari popularitas, melainkan muncul sebagai jawaban dari kebutuhan yang mendalam akan keadilan dan ketenteraman di masyarakat. Ranggawarsita menggambarkan Ratu Adil sebagai sosok yang berusaha untuk tidak menonjolkan diri, bahkan mungkin hidup sederhana atau di antara rakyat biasa.

Penghubung antara Dunia Nyata dan Spiritual

Selain itu, Ranggawarsita melihat Ratu Adil sebagai jembatan antara dunia nyata dan dunia spiritual. Dalam filsafat Jawa, kehidupan di dunia bukanlah tujuan akhir, melainkan bagian dari perjalanan spiritual menuju keabadian. 

Seorang Ratu Adil yang sejati, menurut Ranggawarsita, harus mampu membimbing rakyatnya untuk memahami hal ini, mengajarkan nilai-nilai moral dan spiritual agar mereka tidak terjebak dalam kehidupan materialistik. 

Ratu Adil berperan sebagai pemimpin yang tidak hanya mengarahkan rakyat dalam hal duniawi, tetapi juga menunjukkan jalan menuju pemahaman spiritual yang lebih dalam.

Ratu Adil Sebagai Cerminan Nilai Manunggaling Kawula Gusti

Konsep Manunggaling Kawula Gusti, atau persatuan antara manusia dengan Tuhan, merupakan nilai penting dalam pemikiran spiritual Jawa. Ranggawarsita menggambarkan Ratu Adil sebagai orang yang telah mencapai kesatuan ini, di mana segala tindakan dan keputusannya mencerminkan kehendak Ilahi. 

Ia adalah sosok yang bertindak berdasarkan kehendak Tuhan dan dengan demikian dipercaya mampu membawa keadilan sejati ke dunia. Ratu Adil tidak sekadar berkuasa, tetapi hidup dan bertindak dengan kesadaran penuh akan kehadiran Tuhan, menjalankan amanah ilahi untuk menegakkan keadilan di bumi.

Inspirasi dan Penyemangat bagi Kaum Tertindas

Pada masanya, Ranggawarsita hidup dalam situasi sosial yang penuh tekanan, di mana rakyat Jawa mengalami penderitaan di bawah penjajahan kolonial. Konsep Ratu Adil yang ia cetuskan bukan hanya sekadar gagasan kepemimpinan yang ideal, tetapi juga merupakan inspirasi bagi rakyat yang tertindas untuk tidak kehilangan harapan.

 Ratu Adil menjadi simbol perlawanan pasif dan ketahanan batin, sebuah pesan bahwa penderitaan yang mereka alami pada suatu saat akan berakhir dan keadilan akan ditegakkan oleh sosok pemimpin yang bijaksana.

Pandangan Ranggawarsita tentang Zaman Kaliyuga dan Misi Ratu Adil

Dalam pandangan Ranggawarsita, dunia tengah berada di zaman Kaliyuga, yang juga dikenal sebagai zaman kegelapan atau zaman penuh godaan. Ini adalah masa di mana nilai-nilai kebajikan sulit ditemukan, dan ketidakadilan berkuasa.

 Di tengah zaman ini, Ratu Adil memiliki misi untuk membawa manusia keluar dari kegelapan menuju cahaya kebenaran. Ratu Adil dipercaya akan mengubah keadaan dari zaman Kaliyuga menuju zaman keemasan atau kesejahteraan, dengan menegakkan moralitas dan keadilan.

Secara keseluruhan, Ratu Adil dalam pandangan Ranggawarsita adalah lebih dari sekadar pemimpin fisik; ia adalah simbol kesempurnaan jiwa dan penjaga harmoni semesta, yang muncul pada saat genting untuk memulihkan keadilan. Konsep ini masih relevan dalam masyarakat Jawa hingga saat ini, terutama dalam harapan akan kepemimpinan yang mementingkan nilai-nilai moral dan spiritual, bukan sekadar kekuasaan.

How

konsep Ratu Adil menurut Raden Ngabei Ranggawarsita memuat pemahaman yang lebih mendalam tentang kepemimpinan spiritual, dengan fokus pada transformasi moral, konsep waktu siklik, dan kepemimpinan yang menyatukan serta melampaui kepentingan duniawi. Berikut beberapa wawasan tambahan mengenai Ratu Adil menurut pandangan Ranggawarsita:

Ratu Adil sebagai Pemimpin Transformasional

Ratu Adil bagi Ranggawarsita bukan hanya seorang pemimpin yang adil, tetapi sosok transformasional yang membimbing masyarakat menuju pencerahan kolektif. Pemimpin ini adalah katalisator perubahan yang memprioritaskan kesejahteraan jiwa masyarakat, bukan hanya kondisi fisiknya. 

Dalam pandangan ini, Ratu Adil mendorong pertumbuhan pribadi dan komunal dengan menegakkan prinsip-prinsip etis yang akan menciptakan masyarakat yang lebih spiritual. 

Ranggawarsita menekankan bahwa transformasi sejati berasal dari dalam; karena itu, Ratu Adil dilihat sebagai seseorang yang lebih dulu menata karakter dan jiwanya sebelum mengarahkan perubahan bagi orang lain.

Waktu Siklik dan Kembalinya Ratu Adil

Ranggawarsita menggunakan konsep waktu siklik dalam budaya Jawa (siklus waktu berulang) untuk menunjukkan bahwa setiap periode penderitaan atau kerusakan moral pada akhirnya akan diikuti oleh periode pembaruan di bawah pemimpin bijaksana, yakni Ratu Adil.

 Ia melihat sejarah bukan sebagai garis lurus, melainkan siklus di mana korupsi dan ketidakadilan secara berkala disingkirkan oleh sosok-sosok adil yang muncul di saat genting. 

Kembalinya Ratu Adil dianggap sebagai upaya keseimbangan alam yang alamiah dan tak terhindarkan. Pandangan siklik ini memberi harapan bahwa kegelapan di suatu masa akan berakhir dengan janji perbaikan.

Ratu Adil sebagai Lambang Persatuan dan Harmoni

Ratu Adil adalah lambang dari kesatuan harmonis, atau Manunggaling Kawula Gusti, filsafat Jawa tentang kesatuan antara Tuhan dan ciptaan-Nya. Pemimpin ini menyatukan masyarakat dan menghilangkan perpecahan, mewujudkan semangat kesatuan antara manusia, alam, dan kehendak ilahi. 

Bagi Ranggawarsita, Ratu Adil membawa harmoni dalam hubungan manusia serta menjaga keseimbangan alam, bertindak sebagai saluran untuk keteraturan ilahi. Artinya, Ratu Adil tidak hanya memberikan keadilan tetapi juga menyembuhkan dan menyeimbangkan seluruh aspek masyarakat, dari spiritual hingga lingkungan.

Ratu Adil sebagai Arketipe Pemimpin Etis

Selain kehadirannya sebagai sosok pemimpin, Ratu Adil adalah arketipe bagi setiap pemimpin yang mewujudkan sifat-sifat ideal seperti kebijaksanaan, kerendahan hati, dan komitmen pada keadilan. Artinya, siapa pun—terlepas dari posisi resminya—dapat mengadopsi kualitas-kualitas Ratu Adil dan berkontribusi pada masyarakat yang adil. 

Tulisan Ranggawarsita menekankan bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi “miniatur Ratu Adil” dengan membina kebajikan spiritual dalam dirinya dan melayani orang lain tanpa pamrih. Gagasan ini mendorong masyarakat Jawa untuk melihat kepemimpinan sebagai tanggung jawab bersama bagi siapa pun yang berusaha menegakkan kebenaran dan harmoni.

Keselarasan dengan Kehendak Ilahi dan Sangkan Paraning Dumadi

Dalam pemikiran Jawa, Sangkan Paraning Dumadi adalah perjalanan jiwa kembali ke asalnya, yaitu sumber ilahi. Ratu Adil dilihat sebagai seseorang yang hidup selaras dengan prinsip ini, yang menuntun tindakan-tindakannya berdasarkan kehendak Tuhan dan bekerja untuk kebaikan bersama tanpa terikat pada keuntungan duniawi.

 Ranggawarsita memandang Ratu Adil menjalankan misi spiritual, bukan sekadar agenda politik, mewujudkan keadilan ilahi di bumi melalui komitmennya pada kebenaran yang tak tergoyahkan.

Menyembuhkan Struktur Moral Masyarakat

Tugas lain dari Ratu Adil menurut Ranggawarsita adalah sebagai penyembuh moral bagi masyarakat yang telah jatuh dalam dekadensi moral. Sebagai penyembuh spiritual, Ratu Adil tidak hanya memperbaiki ketidakadilan tetapi juga memulihkan fondasi moral komunitasnya. 

Ranggawarsita meyakini bahwa korupsi dan imoralitas seperti penyakit yang dapat disembuhkan melalui disiplin spiritual dan kepemimpinan yang berintegritas. Dalam pandangan ini, Ratu Adil adalah pemandu yang menyembuhkan “jiwa” masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai welas asih, kebajikan, dan saling menghormati.

Simbol Keseimbangan Nilai Material dan Spiritual

Ratu Adil menurut Ranggawarsita bukan hanya seorang tokoh politik; ia juga melambangkan keseimbangan antara kemakmuran materi dan kebijaksanaan spiritual. Dalam budaya Jawa, keseimbangan ini sangat penting karena penekanan berlebihan pada materi dipercaya akan menyebabkan kerusakan moral. 

Maka, Ratu Adil merepresentasikan ideal integrasi antara wawasan spiritual dengan kemakmuran duniawi, memastikan bahwa keduanya terjaga. Keseimbangan ini dianggap mampu membentuk masyarakat yang sejahtera namun tetap berlandaskan nilai-nilai etika dan spiritual.

Ratu Adil sebagai Simbol Kesabaran dan Ketabahan (Lakon Sabdho Palon)

Dalam tulisan Ranggawarsita, prinsip Sabdho Palon atau kebajikan kesabaran dan ketabahan sering muncul. Ratu Adil mewujudkan Sabdho Palon dengan bertahan dalam kesulitan dan kemalangan dengan ketenangan dan keyakinan, melambangkan kepercayaan bahwa kebenaran akan menang pada akhirnya. 

Kesabaran ini mencerminkan nilai eling lan waspada (kesadaran dan kewaspadaan), mengajarkan masyarakat untuk menunggu dengan tenang dan mempersiapkan diri secara spiritual untuk kedatangan Ratu Adil. Bagi Ranggawarsita, perubahan sejati memerlukan waktu, dan Ratu Adil merupakan ganjaran atas ketabahan moral yang tak tergoyahkan.

Sumber Kewibawaan Berdasarkan Kebajikan Moral

Dalam pandangan Ranggawarsita, kewibawaan sejati berasal bukan dari kekuasaan, tetapi dari kebajikan moral. Ratu Adil memimpin dengan teladan, menunjukkan integritas, keadilan, dan kerendahan hati. 

Kewibawaannya dihormati secara alami karena muncul dari dedikasi tulus terhadap kebenaran, bukan melalui paksaan atau cara-cara politis. Pandangan ini menunjukkan bahwa kepemimpinan sejati menurut Ranggawarsita tidak bisa sekadar diklaim, tetapi harus diperoleh melalui pengabdian pada prinsip-prinsip moral.

Visi Keadilan yang Universal dan Inklusif

Terakhir, Ratu Adil menurut Ranggawarsita adalah pemimpin yang menjunjung tinggi keadilan yang inklusif, melampaui kepentingan pribadi, etnis, atau kelas. Alih-alih melayani kelompok tertentu, Ratu Adil berkomitmen untuk kesejahteraan seluruh masyarakat, dengan menekankan persatuan tujuan dan kesetaraan dalam keadilan.

 Inklusivitas ini mencerminkan ideal Jawa tentang gotong royong atau kerjasama komunitas, di mana kesejahteraan setiap anggota masyarakat dihargai. Melalui Ratu Adil, Ranggawarsita menghadirkan visi keadilan yang melayani kebaikan bersama, mempromosikan perdamaian dan keadilan lintas batas sosial.

Secara keseluruhan, Ratu Adil menurut Ranggawarsita adalah ideal kepemimpinan yang kaya akan nilai kebajikan moral, harmoni spiritual, dan visi keadilan yang melampaui struktur kekuasaan konvensional. Sosok ini adalah arketipe panduan dan sumber harapan, melambangkan aspirasi untuk dunia yang diatur oleh kebijaksanaan spiritual, kesabaran, dan inklusivitas etis. 

Melalui Ratu Adil, Ranggawarsita memberikan model kepemimpinan yang tak lekang oleh waktu bagi siapa saja yang ingin memahami persimpangan antara keadilan, spiritualitas, dan pemerintahan etis.

DAFTAR PUSTAKA

Anderson, B. R. O'G. (2009). Language and Power: Exploring Political Cultures in Indonesia. Ithaca: Cornell University Press.

Dharmosoetomo, S. (1984). Manunggaling Kawula lan Gusti: Studi tentang Filosofi Jawa dalam Hubungan antara Tuhan, Manusia, dan Alam. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.

Hadiwijono, H. (1983). Sari Sejarah Filsafat Barat dan Timur. Yogyakarta: Kanisius.

Magnis-Suseno, F. (2003). Etika Jawa: Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ricklefs, M. C. (2007). Polarising Javanese Society: Islamic and Other Visions (c. 1830–1930). Singapore: NUS Press.

Ranggawarsita, R. N. (1994). Serat Kalatidha. Disunting oleh B. Sudardi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Soemardjan, S. (1981). Cultural Change in Rural Indonesia. Ithaca: Cornell University Press.

Suryadi, A. (2004). Ranggawarsita: Filsafat Jawa dan Sajak-sajak Ramalannya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Zoetmulder, P. J. (1991). Kalangwan: Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Terjemahan Dick Hartoko. Jakarta: Djambatan.

Woodward, M. R. (1989). Islam in Java: Normative Piety and Mysticism in the Sultanate of Yogyakarta. Tucson: University of Arizona Press.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun