Mohon tunggu...
Humaniora

Mencari Sumber Belajar

17 September 2017   21:35 Diperbarui: 17 September 2017   21:37 1337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan proses penyampaian materi dari guru kepada siswa agar siswa mampu memahami materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Guru wajib memberi materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, jika guru memberikan materi yang salah atau tidak sesuai maka berakibat tujuan pembelajaran tidak tercapai. Jika sudah demikian maka pembelajaran yang dilakukan terancam gagal yang berimbas pada kualitas pendidikan yang buruk.

Secara etimologis, sumber belajar berasal dari dua kata yaitu sumber dan belajar. Sumber berarti asal muasal, datangnya sesuatu atau suatu benda yang dapat dimanfaatkan. Belajar berarti kegiatan yang dilakukan secara terencana dan terprogram dalam mencari suatu informasi. Belajar adalah  kegiatan yang terjadi pada semua orang tanpa mengenal batas usia, dan berlangsung seumur hidup. Belajar merupakan usaha yang dilakukan seseorang melalui interaksi dengan lingkungannya untuk merubah perilakunya Secara sederehana, sumber belajar berarti suatu benda yang mempunyai manfaat dalam kegiatan belajar atau berinteraksi dengan lingkungannya.

Menurut F. Persifal dan H. Elington pusat sumber belajar adalah tempat  atau bangunan yang dirancang secara khusus untuk tujuan menyimpan, merawat,  mengembangkan, dan memanfaatkan berbagai sumber belajar, baik untuk  kebutuhan belajar secara individual maupun kelompok

Menurut Muslimin Ibrahim sumber belajar adalah "segala sesuatu baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu".

 Daryanto menjelaskan bahwa sumber belajar itu adalah berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang, dan wujud benda tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya

Edgar Dale seorang ahli pendidikan mengemukakan sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi belajar seseorang.

Pengertian lainnya tentang sumber belajar (learning resources) diberikan oleh Ahmad Sudrajat yaitu semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

Komponen-komponen utama yang penting dalam sumber belajar tersebut sangat perlu mendapat perhatian serius dari guru atau pengajar selaku penentu sumber belajar utama dalam pembelajaran. Mengetahui bagaimana komponen-komponen sumber belajar menyusun sumber belajar juga bermanfaat untuk pemilihan sumber belajar serta durasi pemakaian sumber belajar.

Ahmad Rohani mengklasifiksikan komponen-komponen sumber belajar sebagai berikut:    

a.       Tujuan dan fungsi sumber belajar

Sumber belajar yang dirancang mempunyai tujuan-tujuan tertentu baik implisit maupun eksplisit. Karena itu, tujuan dan fungsi sumber belajar juga dipengaruhi oleh setiap jenis variasi sumber belajar yang digunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun