Mohon tunggu...
SINGGIH ADITYA
SINGGIH ADITYA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Pengen jadi ultramen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Membuat Inovasi Pengembangan UMKM Keripik Tempe

4 Februari 2023   01:40 Diperbarui: 7 Februari 2023   17:12 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Desa pucanganom merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Giritontro, kabupaten Wonogiri. Dari hasil survey mahasiswa kepada  pelaku UMKM yang ada di desa Pucanganom rata-rata pelaku UMKM masih kesulitan dalam melakukan penjualan produk mereka dan kurangnya dalam pemahaman terkait potensi e-commerce dalam memperluas pangsa pasar. Pengetahuan teknologi masih rendah..

Hasil produksi kripik tempe yang di produksi di UMKM ini hanya dijual di sekitar daerah Desa Pucanganom dan Kecamatan Giritontro, belum bisa dijual diluar kabupaten Wonogiri. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemasaran hanya dilakukan secara tradisional, yaitu dengan cara menawarkan penjual makanan secara langsung dan informasi sampai ke pembeli dari mulut kemulut sehingga terbatas dan tidak dapat menjangkau pada tempat yang lebih jauh (jangkauan pasar kurang luas).

Berdasarkan permasalahan di atas maka UMKM ini untuk berkembang menjadi besar akan mengalami kesulitan. Perlu teknologi yang dapat meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran, sehingga berkembang lebih cepat, menaikkan keuntungan usaha dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dunia digital dan internet tentu berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di Indonesia beralih dari yang semula konvensional (offline) menjadi digital (online). Di mana digital marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet.
 

Proses pembuatan akun dan cara penggunaan e-commerce. Dokpri
Proses pembuatan akun dan cara penggunaan e-commerce. Dokpri
Kegiatan program kerja pengembangan UMKM menggunakan e-commerce ini dilaksanakan dengan sasaran untuk UMKM pembuat keripik tempe di Dusun Sukoroyom Kulon, Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.
                        

Produk Keripik tempe. Dokpri
Produk Keripik tempe. Dokpri

Program kerja ini dilakukan dengan pembinaan secara langsung terhadap salah satu pelaku UMKM (pembuat keripik tempe) terkait pengembangan UMKM untuk memperluas jangkauan pasar dengan membuatkan akun (toko) e-commerce dan memberikan edukasi dalam penggunaan e-commerce dan cara menambahkan produk di toko, cara menerima pesanan dan mengatur pengiriman produk agar barang dapat sampai di tangan konsumen.

Penulis : Singgih Aditya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun