Hai…
Disini saya akan menuliskan beberapa hal yang telah dipelajari pada pertemuan pembelajaran 2 dalam mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam mata kuliah ini saya dibimbing oleh dosen PGSD yaitu Ibu Dr.Juliana Margareta Sumilat, S.Pd, M.Pd.
Dalam pembelajaran TIK ada teknik Memindahkan data base dari Excel ke Microsoft Word”.
Dengan menggunakan Fitur mail merge di Microsoft Word atau Excel berguna untuk membuat banyak tulisan dalam format yang sama. Kehadiran mail merge, kita bisa memasukkan data di Word secara cepat dan praktis tanpa harus menulisnya satu-satu.
Berikut cara mailing Excel ke Word, dengan membuat 10 undangan rapat orang tua murid.
Pertama, Menyiapkan dua file untuk melakukan mail merge: dokumen Word berupa Surat undangan rapat dan file Excel berisi data yang ingin dimasukkan. Pastikan format dokumennya sudah siap untuk dimasukkan data dari Excel, alias dalam keadaan rapi dan tidak berubah lagi formatnya.
Pada dokumen Word, klik menu ‘Mailings’, kemudian klik ‘Start Mail Merge’.
Pilih jenis mail merge Pilih Letters.
Berikutnya, pilih ‘Select Recipient’, kemudian klik ‘Use Existing List…’. Pilih sumber data Excel yang akan dimasukkan ke dalam dokumen tersebut. Dokumen Word kamu sudah terhubung dengan file Excel.