Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com youtube : https://www.youtube.com/@castleofwisdom2442 ig : @simchungwei Saya pria, lahir di kota Tahu, Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 24 Desember , anak pertama dari dua bersaudara. Saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah swasta di Jakarta, dan merintis sebagai seorang penulis

Selanjutnya

Tutup

Diary

Tulisanku di Kompasiana pada Tahun 2022

3 Januari 2023   20:57 Diperbarui: 4 Januari 2023   15:18 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Saya pertama kali membuat akun kompasiana dan terverifikasi pada tanggal 18 Mei 2022. Jika dihitung sampai dengan tanggal 31
Desember 2022, berarti saya sudah melewati 228 hari (14+30+31+31+30+31+30+31), sejak terdaftar hingga akhir tahun 2022.

Hingga tanggal 31 Desember 2022 ternyata saya sudah membuat 252 artikel, meski kebanyakan berupa puisi, tapi jika dibandingan dengan jumlah hari, berarti rata-rata saya sudah bisa menulis 1 tulisan setiap hari. Secara perhitungan 252/228 = 1,1. Kelebihan 0,1 ini
jika di kalikan dengan total hari 22,8 hari ( 0,1 x 228), dapat diartikan secara umum, setiap hari saya menulis 1 artikel dan ada sekitar  22 hari di antaranya menulis 2 artikel.

Memang bukan hasil yang spektakuler, tapi bagi saya sebagai penulis pemula, sudah merupakan awal yang baik untuk terus konsisten menulis. Meskipun dalam kenyataannya, ada beberapa hari yang saya tidak menerbitkan tulisan. Namun hal ini, saya  akali dengan menulis lebih dari 1 tulisan pada hari-hari berikutnya.

Dengan konsisten menulis, akan menjaga semangat kita untuk terus menulis dan produktif. Menurut saya, tidak perlu terlalu ngotot di awal, tapi di tengah jalan kehabisan ide dan tenaga. bagi saya pribadi lebih baik  melakukannyan sedikit demi sedikit, yang penting konsisten.
 
Dengan melihat pejalanan saya dalam menulis, semoga hal ini jadi pengingat untuk saya bisa terus menulis secara konsisten. Dan di
tahun 2023, kembali bisa menerbitkan buku solo.  

Selamat berkarya dan semangat menulis

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun