Sudah lama saya tidak melakukan perjalanan menggunakan KRL commuter line. Saat libur sekolah di bulan Juli 2022, kami mencoba melakukan perjalanan Jakarta-Bogor. Dengan tujuan untuk menyegarkan diri keluar dari rutinitas kota Jakarta.
Meski kami berpergian sambil membawa anak kami yang berkebutuhan khusus dan mambawa kereta bayi untuk membawnya, hal ini tidak mengurangi kenyamanan kami dalam perjalanan. PT. KAI Indonesia telah meningkatkan layananya dengan memberi ruang bagi orang tua yang membawa anak bayi, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.
Kami berangkat dari Stasiun Cikini dan mendapat tempat yang nyaman selama perjalanan kereta. Selain karena mendapat krsi priosritas, dan  memang kami berangkat bukan di saat jam kerja. Saat di peron , saya baru menyadari ternyata di stasiun Cikini, ada reading spot. Meski buku yang tersedia masih terbatas, hal ini membukrikan bahwa PT. KAI, ikut serta mendukung gerakan literasi Nasional. Layanan ini dilakkan secara mandiri, artinya pengguna Commuter dapat melakukan peminjman dan pengembalian bukuse secara perorangan tanpa ada petugas yang membantu.
Penggunan dapat meminjam buku dan membacanya selama melakukan perjalanan dan mengembalikan di reading spot di salah satu dari 11 stasiun yang disediakan.
PT KAI juga memberi kesempatan kepada para pengiat Literasi untuk menyumbangkan buku-buku layak pakai di kotak yang telah disediakan, dibeberapa stasiun. Upaya yang perlu diacunggi jempol dalam rangka meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi masyarakat.
Semoga upaya KAI membuat reading spot ini, dapat menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek. Dan menambah jumlah reading spot di beberapa stasium lain nya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H