Mohon tunggu...
Juntak15
Juntak15 Mohon Tunggu... -

Make it simple stupid!!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Penyesalan Memilih Jokowi (Persepsi PKL)!!!

3 Oktober 2013   00:32 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:05 2550
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13807534381008603293

[caption id="attachment_292158" align="aligncenter" width="576" caption="Ilustrasi/Admin (Tri Lokon)"][/caption]

Tulisan ini adalah hasil sebuah perbincangan saya dengan pedagang Nasi Padang. Saya hanya menyampaikan sudut pandang dari PKL tanpa berusaha menginterprestasi. Pedagang yang saya ajak berbincang hanya 1 orang sebagai sumber utama (ditambah celetukan PKL lain). Persepsi PKL ini adalah pendapat pribadi, tidak dimaksudkan mewakili seluruh PKL.

Suatu malam, sekitar pukul 21.00, saya pergi makan ke tempat nasi padang langganan saya di daerah lampu merah Pusat Grosir Cililitan (PGC). Setelah selesai makan, saya mencoba berbincang-bincang sejenak dengan si uda penjual nasi pandangan. Mulai dari cerita tentang mobil damkar yang silih berganti lewat karena ada kebakaran, dilanjutkan berbicara tentang pesawat, dan akhirnya bicara sampai kepada Gubernur DKI Jakarta, Jokowi.

S (saya) : Da, kemaren pilkada milih sapa?

U (PKL) : Saya pilih Foke.

(lalu perbincangan berhenti sejenak karena ada pelanggan datang membeli)

S : Kenapa pilih Foke do?? (saya penasaran alasan beliau pilih Foke)

U : Saya kemaren,pas pilkada, bertanya sama teman-teman saya di PLN situ (sambil menunjuk lokasi PLN). Mreka itu kan orang Solo, kata mreka Jokowi itu di solo PKLnya disuruh pindah, dibersihkan, dipindahin ama dia. Makanya aku pilih Foke aja.

S : Oh begitu (sambil senyum-senyum)

(perbincangan berhenti sejenak karena pembeli datang). Setelah selesai melayani pembeli, si uda duduk kembali dan melanjutkan pembicaraannya.

U : Saya senang milih foke. Tau gak, teman-teman saya PKL yang lain pada nyesal milih Jokowi, karena Jokowi mindahin PKL, dilarang jualan di pinggir jalan, mereka pada takut rugi, hahaha

S : Trus sekarang gimana do?

U: Dulu kita ini dagang sampai ke jalan-jalan, tapi setelah Jokowi Gubernur, PKL di suruh pindah ke trotoar. Kemaren itu, Camat datang, suruh PKL geser jualan ke trotoar jalan saja, dikasi waktu 1 minggu, atau akan diusir. Jadinya PKL jualan di trotoar jalan itu (menunjuk jalan).

S : Bukannya Jokowi mindahin PKL akan kasi solusi do?? kan Jokowi ngerti PKL juga cari makan, takkan mindahin PKL klo belum ada tempat!!

U : Iya si, memang kita masih dibiarkan jualan di trotoar karena belum ada tempat disediakan. Ga ada tempat di sini, kalo di daerah sana (menunjuk daerah penduduk) ada si tempat kosong, tapi sepertinya enggak cukup menampung kita.

PKL lain : Bener mas, PKL itu disini banyak manfaatnya. Coba kalo enggak ada PKL, banyak kejahatan disini, copet, preman. Kalo disini enggak ada PKL, lampu merah ini akan seram dan rawan kejahatan deh. Itu yang sms-sms Jokowi, nuntut PKL dibersihkan tak ngerti sih. PKL disini berguna juga menjaga keamanan. Saya enggak habis pikir kenapa mereka melihat PKL jelek-jelek.

U : Betul tuh. Gara-gara PKL disini, daerah ini jadi rame, orang enggak takut berjalan disini. Dulu zaman Foke,kita jualan jam 2-3 (siang) masih bisa, sekarang enggak bisa lagi (harus sore hari). Akhirnya sekarang kita dagang di trotoar aja.

S : Oh gitu yah (sambil senyum-senyum mendengar persepsi PKL). Trus bagusan mana foke atau Jokowi do?

U : Kalo soal kemacetan, saya dukung Jokowi, uda bagus tuh solusinya, seperti di Tanah Abang. Pedagang Tanah Abang itu kan ada tempat berdagang, uda disediakan tempat, koq malah jualan di jalan, beda sama kita di sini. Tau gak, teman saya cerita, kemaren teman saya ke tanah abang, katanya pedagang Tanah Abang sudah enak, dikasi tempat, rapi dan kalo jalan naik turun enak, enggak kayak dulu, mau ke atas saja bisa setengah jam.

S : Do, kalo dilihat situasinya, Jokowi kan bakal rapiin ni PKL. Jokowi juga kan kalo merapikan PKL pasti dikasi solusi do, gimana do??

U: Saya mau saja, asal ada tempat. Jokowi belum berani menata PKL sini, karena belum ada tempat. Dulu sebelum ada Jokowi, PKL ini semua berjualan di pinggir jalan. Sekarang, semua uda naik ke trotoar. Saya dulu bang, kalo dorong gerobak, susah sekali sampe ke sini, karena banyak gerobak PKL di pinggir jalan. Wah, dulu dorong gerobak susah, kayu-kayu saya sering nabrak lapak PKL lain, pasang tenda juga susah. Tapi sekarang dorong gerobak enak, lancar.

S : Itulah do, enaknya sama Jokowi, dia kasi solusi. Jokowi mau dengarkan rakyat. Coba kalo nanti mau dipindahin, PKL bilang apa pasti didengarin, dan dicari solusinya. uda dan PKL kan tinggal bilang saja ama Jokowi,maunya gimana.

U : Iya sih. Semua itu masalah kepentingan saja yah. Kami PKL punya kepentingan juga, cari makan. Sama saja dengan politisi lain. Saya sih sekarang liat Wiranto atau Surya Paloh, kalo Abu Rizal, apa itu, ngurus….(perbincangan terhenti karena ada pembeli datang). Pokoknya semua itu masalah kepentingan saja, hahaha (tertawa). Kita PKL pengen bisa cari makan. Itu teman-teman lain pada nyesal pilih Jokowi,kalo saya senang-senang aja. Kalo Tanah Abang kan mereka sudah punya tempat, sudah enak. Jokowi bagus sih, mau buat tertib dan rapi, saya juga mau begitu, cuma saya memikirkan kepentingan saya sebagai PKL. (pembeli datang kembali)

S : ok do, berapa nih, nasi padang pake bawal, tambu cie, samo teh hangat?

U : uda delapan belas ribu aja.

S : Makasih do, ambo pulang dulu.

Saya melanjutkan perjalanan pulang sambil senyum-senyum memikirkan perbincangan PKL tadi. Sebagai pengguna jalan (bukan PKL) saya terbiasa memandang PKL yang jualan di jalan dan menolak ditata dari persepsi hukum dan ketertiban saja. Berbincang-bincang dengan PKL menambah pemahaman saya mengenai motivasi, alasan, atau pun kekhawatiran PKL menolak ditata. Pengalaman tersebut menyadarkan saya bahwa sebenarnya PKL adalah manusia yang ingin kerapian dan ketertiban juga, mampu membedakan pemimpin yang baik dan tidak. Para PKL sebenarnya ingin win-win solution, ingin kepentingan kelompoknya bisa diakomodasi oleh pejabat. Namun kadang mereka harus bersikap pragmatis, memilih yang bisa mengakomodasi kepentingan mereka saja.

Sekarang saya memahami mengapa Jokowi belum menata PKL di sekitar PGC ke lokasi baru dan hanya menggeser mereka ke trotoar yaitu belum adanya lokasi tersedia. Saya juga memahami mengapa Jokowi blusukan setiap hari dan melakukan penataan warga dan PKL tanpa menimbulkan konflik sosial atau kekerasan. Teringat kata Jokowi “Jadi pejabat itu jangan sok tahu, buat ini itu. Masalah itu ada di masyarakat, dan masyarakat pun sudah menyediakan solusinya sendiri. Jadi saya yah cuma dengerin aja, ngapain pusing-pusing.”

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun