Mohon tunggu...
Siman
Siman Mohon Tunggu... Guru - Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar, Setiap Langkah adalah Ibadah

Guru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosialisasi Teknik Penulisan Soal HOTS

1 Maret 2022   19:50 Diperbarui: 1 Maret 2022   20:05 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menghadapi pelaksanaan ujian madrasah/sekolah, guru seharusnya memiliki kemampuan menyusun soal ujian yang berbasis  Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dengan dibekali soal HOTS siswa diharapkan memiliki kecakapan abad 21," ungkap Soleh Hudi Martono, S.Pd, guru mata pelajaran Bahasa Inggris MAN 1 Sleman seusai mengikuti sosialisasi teknik penulisan soal Ujian Madrasah (Umad). Kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun soal yang diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman berlangsung di  Aula lantai 3, Selasa (1/3/2022)

Menurut Soleh, hadir sebagai narasumber (narsum), Isni Kurnia Romadhoni, S.Pd.,M.Sc.,guru matematika dari salah satu Madrasah Aliyan Yogyakarta. Narsum memaparkan bahwa instrumen berbasis HOTS mempuyai beberapa karakteristik. "Karakteristik soal bebsais HOTS mempunyai karakter 1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami 2. Berbasis permasalahan kontekstual 3. Stimulus menarik 4. Tidak rutin 5. Kebaruan,"papar Isni  

Narsum juga menyampaikan bahwa ciri-ciri soal HOTS,1.Transfer satu konsep ke konsep yang lain 2. Memproses dan menerapkan informasi 3. Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda 4. Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah 5. Menelaah ide dan informasi secara kritis,

"Penerapan intrumen berbasis hots ini, siswa pada abad 21 diharapkan mempunyai kecakapan yang terintegrasi dalam kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaan Teknologi Informasi (TIK) dapat dikembangkan melalui: (1) Kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill; (2) Kecakapan berkomunikasi (Communication Skills); (3) Kecakapan kreatifitas dan inovasi (Creativity and Innovation); dan (4) Kecakapan kolaborasi (Collaboration). Keempat kecakapan tersebut telah dikemas dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. Siswa memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan global, atau dengan kata lain pendidikan dapat menciptakan masyarakat terdidik yang di masa depan nanti dapat bersaing dengan negara lain," lanjutnya

"Soal berbasis HOTS merupakan instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Penilaian berbasis HOTS merupakan penilaian yang dalam pengerjaanya memerlukan kemampuan analisis yang tinggi. Penilain ini juga menuntut siswa untuk  berpikir dengan kemampuan menganalisa, mengevaluasi, dan mencipta," tambahnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun