Eksistensi jasa event organizer saat ini semakin diakui seiring dengan berkembangnya modernisasi.
Menurut Yoki Wirasendjaja dalam website www.jurnal.id, perkembangan bisnis event organizer berkembang begitu pesat di Indonesia. Persaingan yang ketat menyebabkan beberapa di antaranya harus gulung tikar. Masing-masing event organizer harus memiliki keunggulan dalam hal melayani klien agar dapat bertahan di bisnis ini.
Permasalahan saat ini mayoritas orang belum mempercayai sepenuhnya peran dan kinerja dari event organizer dalam menyelenggarakan sebuah acara. Bahkan banyak pula yang menganggap event organizer yang membantu dalam pesta pernikahan biasa disebut wedding organizer.
Pada praktiknya, jasa event organizer terbagi menjadi dua, yakni wedding organizer dan wedding planner. Lantas apa yang membedakannya?
Menurut Arinda dalam website thebridedept.com, jasa yang diberikan event organizer untuk merencanakan pesta pernikahan dari awal sampai akhir disebut Wedding Planner. Mulai dari memilih vendor, rapat vendor, hingga membantu tawar menawar harga dengan vendor. Berbeda halnya dengan wedding organizer yang hanya membantu untuk kelancaran pada hari H.Â
Biasanya wedding organizer mulai bekerja kurang dari satu bulan sebelum hari pernikahan. Arinda mengatakan ada perbedaan harga antara wedding planner dan wedding organizer. Ruang lingkup dan cakupan kesulitannya yang cukup besar membuat wedding planner dikenakan charge sekitar 10%-25% dari total pengeluaran. Jadi jumlah biaya yang dibayarkan akan bervariasi sesuai dengan besar kecilnya pernikahan.
Sebenarnya ada banyak orang yang belum memahami betul pentingnya penggunaan jasa event organizer dalam menyelenggarakan pesta pernikahan. Peran utama jasa event organizer yakni merumuskan konsep pernikahan, seperti menentukan tanggal, tempat, catering, vendor, fasilitas, negosiasi, bahkan hingga koordinasi keseluruhan acara.
Lalu apa latar belakang penggunaan jasa event organizer ini?Â
Berdasarkan pendapat Meily Rohmatun, ada beberapa alasan diantaranya adalah pengaturan pengelolaan dan keuangan, sebagai penengah dalam menyatukan berbagai persepsi antara dua keluarga penyelenggara acara, dan sebagai kebutuhan juga karena mayoritas orang tidak mempunyai waktu dan kurangnya informasi untuk pesta pernikahan.
Pada hakikatnya segala sesuatu tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan dan kelebihan tersebut bisa dijadikan acuan berpikir dalam menentukan sikap dan tindakan.
Terlepas dari peranan penting jasa event organizer tersebut di atas, Meily Rohmatun menyebutkan ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari jasa event organizer dalam menyelenggarakan pesta pernikahan. Kelebihannya diantaranya jasa event organizer bekerja dengan professional, mempersiapkan segala keperluan sesuai dengan yang dibutuhkan.