Mohon tunggu...
Silviana Febriyanti
Silviana Febriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa aktif semester 7 dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Saya memiliki hobi menggambar, bagi saya menggambar dapat meredakan stres. Saya juga tertarik di bidang keuangan atau ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Marketing Public Relation

15 Oktober 2023   17:06 Diperbarui: 15 Oktober 2023   17:09 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Marketing Public Relation (MPR) merupakan perpaduan pelaksanaan program dan aktivitas pemasaran (marketing strategy implementation) dengan aktivitas program kerja public relation. (work program of public relation), maksudnya adalah suatu perusahaan menjual produk dengan mendekatkan diri kepada konsumen atau masyarakat bukan iklan berupa baliho, papan iklan bahkan iklan di TV sehingga citra suatu perusahaan dapat dikenal oleh banyak orang dan kemudian banyak yang membeli produk tersebutDi dalam MPR terdapat dua peran yaitu segi pemasaran dan segi komunikasi. MPR dapat dilakukan dengan beberapa bentuk yaitu publikasi, sponsorship, berita, kegiatan layanan publik dan berpidato.

1. Terdapat 3 Strategi Marketing Public Relations:

a. Pull Strategy, Public Relation memiliki dan harus mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik.

b. Push Strategy, Public Relation memiliki kekuatan untuk mendorong berhasilnya pemasaran.

c. Pass Strategy, Public Relation memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menciptakan opini publik yang menguntungkan.

2. Peranan Marketing Public Relation dari Segi Pemasaran

a. Mengadakan riset pasar.

b. Menciptakan produk yang sesuai dari hasil riset pasar tersebut

c. Menentukan harga produk yang rasional dan kompetitif

d. Menentukan dan memilih target konsumen (target audience).

e. Merencanakan dan melaksanakan kampanye promosi produk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun