Setiap orang yang memiliki bisnis pasti ingin bisnisnya meningkat dan menghasilkan omset puluhan hingga ratusan juta. Di era modern ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh seorang pembisnis. Tentu saja  sebagai pembisnis kita perlu menyusun strategi pemasaran, strategi pemasaran memiliki arti penting bagi seorang pembisnis yaitu untuk meningkatkan daya saing bisnis. di era modern ini kita dapat menggunakan internet sebagai media pemasaran. Karena banyak sekali manusia sekarang ini sudah paham akan internet dan menjadikan internet sebagai alat pencarian. karena segala informasi akan mereka dapatkan di internet.
Bagaimana jadinya jika seseorang yang akan melakukan bisnis tidak menyusun strategi pemasaran? Tentunya menjalankan bisnis tidak seolah hanya memiliki modal saja, akan tetapi perlu juga menyusun strategi pemasaran agar dapat mengetahui bisnis apa dan bagaimana untuk ia menjalankan bisnis yang baik. Strategi pemasaran tentu berperan penting dalam upaya peningkatan bisnis, berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh seorang pembisnis dalam upaya peningkatan bisnis:
- Analisis pasar
Analisis pasar dilakukan bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang segmen pasar, memahami kebutuhan kosnsumen, menentukan target pasar,penetapan harga yang sesuai dan menghindari resiko yang tidak diinginkan.
- Branding
Branding adalah merk yang akan digunakan oleh seorang pembisnis untuk mempromosikan produknya, seorang pembisnis harus memiliki branding yang kuat dan konsisten yang mencerminkan nilai bisnis.
- Promosi dan pemasaran
Hal ini perlu dilakukan saat seorang pembisnis memulai usahanya, seorang pembisnis dapat melakukan ini dengan cara memprosikan produk atau jasanya melalui internet maupun melalui poster yang akan ia sebar atau berikan kepada orang. Berikanlah hal semenarik mungkin untuk menarik konsumen.
- penjualan dan distribusi
Pastikan produk maupun jasa yang akan di pasarkan sudah di uji dan menghasilkan produk atau jasa yang baik, hal tersebut dapat membuat konsumen puas dengan produk dan jasa yang dipasarkan.
- Layanan
Layanan pelanggan juga tidak kalah penting, karena jika pelyanan dari seorang pembisnis pada seorang pelanggan tidak baik, sudah pasti mereka akan menilai buruk baik itu dari perusahaan maupun produk dan jasa yang dipasarkannya.
- Inovasi
Seorang pembisnis harus memiliki inovasi- inovasi baru agar konsumen tidak bosan dengan apa yang dipasarkan.
- Rencana jangka panjang
Buatlah rencana bisnis jangka Panjang yang mendukung visi dan misi bisnis anda.
Susun Strategi marketing diatas agar dapat membantu anda dalam meningkatkan bisnis dan mencapai omset puluhan hingga ratusan juta dalam menjalankan bisnis.
Jika adanya pembisnis tanpa melakukan penyusunan strategi akan lambat untuk ia dapat meningkatkan bisnisnya, maka susunanlah strategi marketing sebelum anda melakukan bisnis. Strategi marketing sangat penting bagi setiap pembisis. Ini memiliki peran sentral dalam keberhasilan bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H