Mohon tunggu...
Silvia Ara Ria Fatimah
Silvia Ara Ria Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STIA "AAN" Yogyakarta

~ Semua orang akan mati kecuali karyanya ~

Selanjutnya

Tutup

Diary

Perubahan Itu Pasti Ada

29 September 2023   13:46 Diperbarui: 29 September 2023   13:49 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

PERUBAHAN ITU PASTI ADA

~ Dari Duta Inspirasi Indonesia lah perubahan itu dimulai,

dan dari Inspiring Leader Camp lah

aku mengenal Duata Inspirasi Indonesia.~

Hallo.. Kenalin namaku Silvia Ara Ria Fatimah, atau kerap disapa dengan Silvi. Saat ini aku merupakan mahasiswa semester 2 di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi "AAN" Yogyakarta. Aku lahir di Sragen, 28 Agustus 2004, artinya umurku masih 18 tahun, jadi ya terbilang cukup kecilkan wkwk. Aku merupakan anak kedua dari tiga bersaudara yang terlahir dari keluarga yang cukup sederhana, akan tetapi hal itu tidak pernah menghilangkan semangatku untuk menggapai impianku. Aku pernah membaca sebuah kalimat "Kita memang tidak bisa memilih untuk dilahirkan dari keluarga yang seperti apa, namun kita bisa memilih kelak akan menjadi apa". Itulah kalimat yang selalu memotivasiku di setiap langkahku

Mungkin yang tahu pahitnya perjuangan hidupku kala itu hanya aku dan teman dekatku. Banyak kegagalan yang kulalui saat aku ingin meraih apa yang aku impikan, hingga sekarang aku harus mengubur dalam-dalam impian itu. Disini aku tidak akan menceritakan semua itu, inti dari itu adalah aku bisa mengambil hikmahnya. Aku bisa sampai di titik ini juga dari kisah perjalanan hidup yang telah kulewati itu. Prinsipku sekarang adalah bagaimana aku bisa menjadi diriku sendiri. Aku harus bisa membawa perubahan dalam hidupku. Apalagi sekarang aku adalah mahasiswa bidikmisi yang seharusnya dapat berkontribusi untuk negeri dan menjadi agen perubahan.

Akhir-akhir ini aku sering ditanya oleh teman-temanku "kamu kok bisa seperti yang sekarang ini, aku ikut bangga sama kamu, kamu bener-bener beda dari kamu yang dulu". Iya, aku bersyukur sudah berhasil melewati zona nyaman itu, namun dibalik itu semua aku juga masih memiliki banyak kekurangan dan aku akan terus berusaha memperbaikinya, karena kodrat-Nya setiap manusia itu tidak ada yang sempurna. Jadi kamu harus bersyukur atas apa yang telah kamu miliki & setiap orang itu memiliki keunikan masing-masing.

Awal dari perubahan hidupku adalah ketika aku menjadi mahasiswa yang baru masuk +- 1 bulan di perguruan tinggi yang tempatnya di luar provinsiku. Seharusnya masa itu adalah masa aku menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, akan tetapi atas kehendak Allah syukur alhamdulillah waktu itu aku memberanikan diri untuk mendaftar program berskala nasional dan setelah berbagai tahapan seleksi kulalui, aku dikabarkan lolos menjadi Delegasi Inspiring Leader Camp di Jakarta Timur. Dari situlah aku semakin mengenal diriku bahwa aku punya potensi yang harus dikembangkan.

Hingga akhirnya di Kota Metropolitan (Jakarta) itulah aku mengenal Duta Inspirasi Indonesia dan berkeinginan untuk bisa tergabung dalam wadahnya. Suatu kebanggan bagiku karena harapan itu sekarang sudah tercapai. Di tangal 01 Maret 2023 aku resmi dilantik menjadi bagian dari Duta Inspirasi Indonesia Batch 8 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidaklah mudah untuk bisa mendapatkan posisi itu, yang mana aku harus bersaing dengan ratusan orang di seluruh Indonesia. Bahkan aku sempat tidak percaya saat pengumuman kelolosan, tapi alhasil setelah aku lihat disitu tertera namaku. Dari situ aku semakin percaya diri karena aku telah di percaya oleh tim penyeleksi untuk bisa menginspirasi pemuda Indonesia. Aku sangat sangat bersyukur mendapatkan sebuah amanah ini. Terimakasih Duta Inspirasi Indonesia.

 

Yogyakarta, 31 Mei 2023

Silvia Ara Ria Fatimah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun