Salah satu dosen saya pernah berkata, "Itu salah tuh yang guru kalian ajarkan dari SD sampai SMA tuh. Banyak ilmu mereka yang melenceng dari aslinya. Harusnya mereka dibina ulang itu". Lah? apa maksudnya ini? Jadi dosen saya bilang kalau banyak dari guru-guru SD-SMA sering salah menyampaikan materi matematika. Hal ini banyak terjadi untuk masalah ekspresi matematika. Siswa membaca log 100 basis 2 cenderung menggantinya menjadi 2 log 100. Katanya sih biar gampang (termasuk saya), tapi itu bisa menyebabkan perbedaan maksud dan jawaban pada akhirnya.
Nah kalau terus menerus dibiarkan, bisa-bisa menyebarkan ilmu yang salah dong. Dari situ saya belajar satu hal, berarti kalau saya nanti mengajar matematika harus yang bener nih caranya. Meskipun saya bukan mahasiswa pendidikan matematika tapi masih ada kemungkinan untuk mengajar nantinya. Benar sekali, setiap saya mengajar kelas matematika, harus membenarkan setiap ekspresi atau konsep kecil yang seringkali salah. Ya walaupun itu bukan hal besar seperti menemukan teorema baru yang mempermudah mengerjakan analisis atau aljabar komputer misalnya, tapi meluruskan hal kecil yang salah juga merupakan pondasi penting untuk menciptakan hal besar lainnya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H