Mohon tunggu...
Silvanus SebastianSembiring
Silvanus SebastianSembiring Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Waspada Kampanye Greenwashing Industri

26 Oktober 2021   21:36 Diperbarui: 26 Oktober 2021   23:37 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Bab I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang untuk menyadari betapa pentingnya mempedulikan lingkungan pada saat ini. Terutama bagi pelaku bisnis yang memiliki skala yang kecil hingga skala yang besar. Industri-industri saat ini juga semakin gencar melakukan kampanye yang menyatakan bahwa mereka peduli terhadap lingkungan. 

Namun, dibalik itu banyak perusahaan yang hanya mengatakan bahwa mereka peduli terhadap lingkungan yang kenyataannya mereka tidak sepenuhnya melakukannya.

Konsumen saat ini juga memiliki kesadaran yang cukup tinggi terhadap lingkungan. Mereka akan menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan demi anak cucu mereka di masa depan. Hal ini membuat konsumen yang sadar akan lingkungan tersebut lebih memilih perusahaan yang ramah lingkungan.

Untuk mendapatkan perhatian dari konsumen, perusahaan akan berusaha menarik perhatian dan minat konsumen untuk membeli produk yang mereka tawarkan. Mereka akan menggunakan kata-kata yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut ramah lingkungan. Sehingga hal ini akan dianggap baik oleh konsumen terutama bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan.

Namun, banyak sekali konsumen yang tidak menyadari bahwa produk yang mereka beli sama sekali tidak ramah lingkungan bahkan berbahaya. Bahkan konsumen bisa saja akan menjadi pelaku kerusakan lingkungan jika mereka tidak waspada dan berhati-hati terhadap produk yang mereka beli tersebut.

1.2 Rumusan Masalah
1.Apakah pengertian greenwashing?
2.Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat perilaku greenwashing?
3.Apakah ciri-ciri Perusahaan yang melakukan greenwashing?

1.3 Tujuan Penelitian
Agar konsumen waspada terhadap perilaku greenwashing dan dampak yang ditimbulkannya.

Bab II
Pembahasan

2.1 Pengertian Greenwashing
Greenwashing adalah sebuah praktek yang dilakukan perusahaan untuk memasarkan dan mengklaim produk yang mereka punya merupakan produk ramah lingkungan tetapi tidak benar-benar membuat produk yang ramah lingkungan. Dengan kata lain, greenwashing merupakan sebuah pencitraan produk ramah lingkungan tanpa melakukan kegiatan yang ramah lingkungan. 

Dengan citra ini mereka berharap bahwa konsumen akan semakin tertarik dengan produk mereka dibandingkan produk lain dengan sektor yang sama.
Perusahaan yang ingin menunjukkan citra ramah akan terus berusaha ketika banyaknya dorongan dari investor, kompetitor dan konsumen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun