Peran public relations merupakan bentuk mengoptimalkan kerja seorang public relations yang bertugas untuk menciptakan, membangun, menigkatkan, mempertahankan citra dan mempublikasikan segala bentuk program kerja lembaga/instansi. Peran seorang seorang public relations bertujuan untuk menjalin kerja sama yang baik kepada semua publik sehingga mendapatkan feedback langsung dari masyarakat sebagai bentuk partisipasi dan menyakinkan publik untuk mempercayai keunggulan lembaga/instansi tersebut.Â
Strategi juga sangat diperlukan didalam mempertahankan citra lembaga/instansi. Dengan begitu peran public relation dalam suatu instansi sangat penting, baik atau tidaknya seorang public relations dapat mempengaruhi opini publik tersebut. Â Didalam dunia organisasi bisnis seorang public relations harus mampu bersaing dengan lembaga lainnya.
Peran seorang public relations yaitu sebagai jembatan yang menghubungkan lembaga/instansi dengan publiknya. Di era globalisasi ini, organisasi bisnis dituntut untuk semakin luwes dan aktif dalam menyikapi situasi dan kondisi lingkungan sekitar organisasi yang semakin cepat berubah dan mengalami banyak persaingan. Organisasi publik juga semakin lama semakin kritis, semakin cerdas, sehingga lembaga satu dengan lainnya dapat bersaing serta menuntut kinerja instansi/lembaga menjadi semakin profesional.Â
Dalam kodisi semacam ini, organisasi juga diharapkan dapat peka dalam isu yang berbagai macam gejolak yang ada dimasyarakat dengan begitu seorang public relations cepat tanggap dalam penanganan, dengan begitu bisa bertahan menghadapi persaingan dan perubahan yang terus menerus terjadi disekitar organisasi. Oleh karena itu, dalam hal ini peran public relations sangat dibutuhkan menjadi garda terdepan dalam lembaga untuk mengelola citra yang baik serta menciptakan situasi yang kondusif dan hubungan harmonis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H