Mohon tunggu...
Silmi Sabila Harum
Silmi Sabila Harum Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

Try to be a creative person.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Peran Vital Konten Dalam Personal Branding dan Bisnis

8 November 2023   12:45 Diperbarui: 8 November 2023   12:55 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kenapa Sih “Konten” Menjadi Hal yang Penting dalam Personal Branding dan Kesuksesan Bisnis di Era Digital?

Dalam Era Digital yang serba terhubung dan canggih ini, tidak dapat dipungkiri bahwa konten telah menjadi elemen yang sangat penting dalam membangun personal branding dan kesuksesan bisnis. Baik bagi generasi Z maupun para pengusaha, setidaknya pernah muncul pertanyaan apakah mempromosikan bisnis atau produk melalui konten benar-benar diperlukan(?). Tulisan ini akan menjelaskan seberapa pentingnya konten dalam personal branding dan bagaimana konten dapat berkontribusi pada kesuksesan bisnis di Era Digital saat ini.

Mengapa Konten Penting dalam Personal Branding?

Personal branding berkaitan dengan menciptakan citra dan reputasi diri yang mencolok di mata publik. Pada kenyataannya, konten memiliki peran utama dalam membangun personal branding yang kuat dan juga efektif. Konten yang menarik dan relevan tidak hanya dapat menarik perhatian audiens, tetapi juga dapat membangun kepercayaan, meningkatkan visibilitas, dan memperluas jangkauan bisnis. Lalu, mengapa konten bisa membangun Personal Branding diri kita sendiri?

1. Memperkuat Keahlian dan Karisma Diri

Tidak harus menjadi seorang Content Creator yang handal, tapi kamu bisa menggunakan konten untuk menunjukkan keterampilan dan keahlian yang dimiliki. Karena itu, Kamu gak cuma dikenal karena keahlian kamu aja, tapi juga secara tidak langsung membangun karisma diri yang menarik.

Ketika membuat konten yang informatif, edukatif, dan bermanfaat, kamu bisa membangun reputasi dan branding sebagai ahli di industri atau bidang yang kamu kuasai. Apalagi kalo kamu menguasai beberapa bidang, kamu dapat menciptakan beragam konten yang menarik dan bervariasi, keren!

2. Membangun Koneksi yang Kokoh

Konten yang autentik dan relevan dapat membantu kamu membangun koneksi dan hubungan emosional dengan audiens. Kamu bisa sharing cerita, pengalaman, atau pandangan pribadi melalui konten video misalnya. Melalui konten tersebut, secara gak langsung kamu udah mendekatkan diri dan membangun kepercayaan sama audiens. Mereka bakal ngerasa kalo apa yang kamu share relate sama mereka. Ketika kamu menjadi seorang content creator yang dikenal oleh banyak orang, mereka tentu menginginkan interaksi sama kamu. Dengan branding yang telah kamu bangun, kamu dapat memperluas jaringan dan koneksi dengan audiens yang lebih luas. Ketika audiens menanggapi konten kamu, mereka secara gak langsung mempercayai kamu dan isi konten kamu.

Makanya, kamu coba deh buat konten yang bermanfaat dan relevan bagi mereka, sambil tetep mengemas itu pake gaya pribadi kamu, jadi konten itu akan menjadi autentik yang menggambarkan kamu banget deh! Ntah dari gaya penampilan kamu, pengambilan video, pemilihan backsound sampe style font yang kamu pake itu bisa jadi hal yang menjadi "ciri khas" kamu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun