Mohon tunggu...
Silfi Aini
Silfi Aini Mohon Tunggu... Ilmuwan - Mahasiswi

Mahasiswi IAIN Rejang Lebong

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Iman, Tugas Ilmu Tauhid

7 Januari 2020   13:02 Diperbarui: 7 Januari 2020   12:59 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Asslamualaikum Wahramatullahi Wabaraakatuh

 Nama :  Silfi aini rahma dini

 Nim    :  19541053

 Prodi  : TBIN 1B

 Tugas :  Ilmu Tauhid

Tepat  pada hari Senin tanggal 6 januari 2020, saya menemui seseorang ibu yang  berjualan manisan dekat rumah saya  tepatnya di daerah Timbul Rejo gang Medang  yang bernama Ibu Wiwin.  Saya mewawancarai ibu Wiwin tersebut  tentang "IMAN" saya langsung saja  bertanya pada ibu wiwin  tentang iman itu.

Sebelum saya bertanya dengan ibu Wiwin, saya menanyakan  tentang keadaan keluarga ibu Wiwin. Saya bertanya kepada ibu Wiwin berapa jumlah anak Ibu? Ibu Wiwin menjawab anak saya berjumlah 3 orang. Lalu saya bertanya lagi kepada ibu wiwin apa pekerjaan suami ibu? Ibu Wiwin menjawab dengan tegar, saya sudah bercerai dengan suami saya sudah setengah tahun yang lalu, saya tidak menyesali dengan kejadian ini, karena sudah merupakan takdir dari Allah SWT. Ternyata suami ibu Wiwin menikah lagi dan sejak dua tahun tidak pernah menafkahi keluarga ibu Wiwin lagi.

Pertanyaan pertama saya, apakah ibu Wiwin  tahu  apa pengertian  iman? Ibu wiwin menjawab "iman" adalah ucapan dan perbuatan sesuai yang  dilakukan oleh orang tersebut.

Lalu saya  bertanya  lagi ada berapa rukun iman tersebut ?  ibu Ibu Wiwin menjawab ada 6 macam yaitu :  1. iman kepada Allah 2. Iman kepada pada Malaikat   3.iman kepada  kitab Allah 4.iman kepada hari akhir  5. iman kepada qada dan qadar

Lalu saya bertanya lagi kepada  ibu Wiwin bagiamana  kita mempercayai  iman kepada kitab- kitab Allah? ibu wiwin menjawab kita harus tekun membaca dan mempelajari alquran dan kitab -kitab  yang di turunkan oleh Allah swt.

Lalu saya bertanya lagi kepada ibu wiwin bagaimana cara ibu untuk beriman kepada allah? Ibu wiwin menjawab  "ya dengan kita percaya kepada Allah , selalu menjalankan kewajiban  kita sebagai umat muslim ,seperti sholat dan puasa" dan mensyukuri apa yang diberikan oleh Allah, Swt.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun