Teori Belajar Sosial Albert Bandura
Albert Bandura, seorang psikolog terkenal dari Kanada, memperkenalkan Social Learning Theory atau teori belajar sosial sebagai konsep utama dalam memahami cara individu belajar melalui observasi, imitasi, dan interaksi sosial. Bandura percaya bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi melalui pengalaman langsung, seperti yang disarankan oleh teori behavioristik, tetapi juga melalui pengamatan terhadap orang lain. Dalam hal ini, lingkungan, perilaku, dan kognisi saling memengaruhi dalam proses pembelajaran.
Konsep Utama Teori Belajar Sosial
1. Pembelajaran Observasional (Observational Learning)
Individu belajar dengan mengamati perilaku orang lain (model), memahami konsekuensi dari perilaku tersebut, dan kemudian menirunya.
Proses ini melibatkan tiga komponen utama:
1. Modeling: Proses di mana individu mengamati perilaku model.
2. Imitasi: Perilaku yang ditiru dari model.
Vicarious Reinforcement/Punishment: Individu belajar dari konsekuensi yang diterima oleh model, baik itu penghargaan maupun hukuman.
2. Reciprocal Determinism
Bandura menjelaskan bahwa pembelajaran terjadi melalui interaksi dinamis antara tiga faktor utama: