Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bagi Bangsa Indonesia. Meski didalam Bangsa Indonesia terdapat banyak bahasa daerah seperti Madura, Jawa, Banjar, dan bahasa-bahasa lainnya. Uniknya bahasa pemersatu ini tak lepas dari banyaknya kata-kata serapan daerah maupun dari luar negeri serta dinamisnya Bahasa Indonesia sebagai sebuah bahasa.
Sebuah bahasa hendaknya harus dimengerti oleh si pengguna (antara pembicara/penulis dan pendengar/pembaca). Sangatlah membingungkan jika ada bahasa yang digunakan namun pendengar/pembacanya tidak mengerti apa maksud dari pembicara/penulis tadi. Meskipun sama-sama menggunakan bahasa yang sama pun belum tentu antara pembicara/penulis dan pendengar/pembaca bisa saling mengerti. Disinilah keunikan bahasa sebagai alat komunikasi duiji.
Kegemaran saya ketika waktu kosong adalah merawat tanaman, ikan (terutama ikan cupang), dan membaca buku. Dari sekian banyak buku yang saya baca ada beberapa buku yang menggunakan bahasa yang cukup tidak mudah dimengerti sehingga buku itu terkesan tidak universal. Malah ada buku yang cenderung ingin terlihat “keren”, “intelek”, dan lain sebagainya padahal menurut hemat saya itu amat kurang bijak.
Dari hobi saya membaca itu saya memberi penilaian buku yang baik itu terbagi menjadi 3 aspek dalam pembuatannya. Yang pertama segmentasi, kemudian universalitas, dan yang terakhir tingkat keterbacaan.
Segmentasi
Segmentasi atau biasa saya bilang pasar (market) adalah tujuan dari si pembuat buku untuk membuat buku itu dengan kelas-kelas tertentu. Maksudnya sebelum menulis buku sebisa mungkin pembuat buku harusnya memikirkan segmentasi atau pasar yang hendak ditujunya. Jika tidak akan susah untuk di “jual” bukunya karena anda akan bingung menentukan bahasa yang digunakan.
Kebanyakan mahasiswa angakatan muda memilih buku-buku yang bahasanya mudah dimengerti, tidak banyak menggunakan bahasa-bahasa ilmiah atau bahasa asing, dan tidak berbelit-belit dalam pembahasan. Berbeda dengan banyak mahasiswa yang sudah tua atau yang memang menyukai bacaan-bacaan yang berbobot berat. Mereka cenderung lebih suka menggunakan bahasa-bahasa yang ilmiah dan berat.
Banyak cara untuk bisa menentukan segmentasi pembaca. Dalam pelatihan kepenulisan yang dibuat oleh Badan Otonom Economica, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, salah satu wartawan Harian Kompas, Wisnu Nugroho (Inu), pernah memberi tips untuk menentukan segmentasi ini. Tips yang Inu berikan adalah pilih 3 orang yang kalian kenal lalu analisis 3 orang tadi. Analisis itu berupa apa yang disukai, umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain-lain.
Setelah menentukan dan menjawab ketiga orang yang menjadi objek segmentasi kita itu, barulah mulai menulis yang sekiranya dimengerti dan membuat ketiga orang itu tertarik dengan tulisan kita. Setelah itu dilanjut dengan edit sana-edit sini sesuai dengan KBBI dan EYD.
Universalitas
Meskipun kalian sudah menentukan segmentasi atau pasar dari tulisan atau buku kalian tetaplah harus memikirkan ke-universal-an dari tulisan. Bagaimanapun masih banyak orang yang ingin membaca meskipun orang itu tidak berpendidikan tinggi. Membaca bukanlah masalah berpendidikan atau tidak melainkan masalah mau atau tidak.