Mohon tunggu...
Sigit Eko Sudaryanto
Sigit Eko Sudaryanto Mohon Tunggu... Freelancer - Fotografer

Life is simple, stop make it complicated.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Manfaat Apps atau Aplikasi

12 Desember 2019   13:06 Diperbarui: 12 Desember 2019   20:50 893
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menurut Marimin dkk. (2011:43) Aplikasi merupakan program yang secara langsung dapat melakukan proses-proses yang digunakan dalam komputer oleh pengguna. Aplikasi merupakan kumpulan dari file-file tertentu yang berisi kode program yang menghubungkan antara pengguna dan perangkat keras Komputer.

Di jaman milenial saat ini, sudah banyak sekali aplikasi mobile seperti iOS sampai Android yang dimana tidak hanya dipakai oleh para pesaing bisnis-bisnis besar. Semakin banyak usaha kecil menengah yang telah mengikuti arus dari globalisasi ini melalui tren smart phone dengan memahami strategi bisnis di dunia mobile tidak hanya melalui website saja, akan tetapi lebih dari itu semua perkembangan pemanfaatan aplikasi mulai memasuki era dunia digital yang baru.

>>>Manfaat aplikasi yang ada di smartphone

Jika kita sebagai pengusaha belum yakin akan ada sebuah peluamg usaha yang dapat mengembangkan dan memanfaatkan paltform mobile yang secara khusus untuk mereka sendiri, maka berikut ini beberapa manfaat aplikasi mobile di dunia bisnis:

1. Tersedianya saluran pemasaran langsung

Semua info penyebaran secara umum seperti harga, news feed, akun pengguna, dan lain-lain bisa dengan mudah diakses oleh para konsumen. Jadi, informasi yang kita berikan dengan mudah sampai ke konsumen semacam bentuk promosi khusus yang mudah disebarluaskan hanya dengan sentuhan  tangan pada konsumen saja.

2. Konsumen dapat nilai feedback dari produsen

Para konsumen dapat memanfaatkan dan mendapatkan aplikasi mobile dengan digital program yang bersifat menguntungkan dan loyal kepada konsumen. Para konsumen hanya memakai aplikasi mobile yang memudahkan para konsumen untuk mengumpulkan hadiah mereka. Hal inilah yang membuat para konsumen akan tertarik belanja kembali ke toko.

3. Meningkatkan hubungan antar konsumen

Sebagai produsen kita harus bisa membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan dengan cara apapun supaya para konsumen masih setia berbelanja di toko kita. Caranya ialah para konsumen dapat memanfaatkan fitur costumer service/call center number yang tertera pada aplikasi, dengan tujuan hal ini akan membuat cara komunikasi antara produsen dan konsumen semakin membaik yang diharapkan komunikasi yang baik akan membuat pelanggan semakin tertarik dengan produk yang dijual.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun