Karyawan yang bertipikal provokator itu yang seperti apa?
Ya, karyawan ini adalah karyawan yang suka menghasut, memancing kekisruhan, mengadu domba. Teamwork bisa hancur berantakan bila didalamnya ada karyawan bertipikal provokator ini. Bahkan secara keseluruhan, bisa berdampak signifikan terhadap manajemen kantor.
Inilah yang jadi penekanan pentingnya, kenapa kantor harus tahu terkait kebereksistensian karyawan bertipikal provokator ini. Karena dampak eksitensi dari karyawan bertipikal provokator ini sangat signifikan mempengaruhi iklim kantor.
Sering terjadi adalah kantor hanya tahu tiba-tiba ada konflik, tiba-tiba iklim kantor jadi enggak kondusif tanpa tahu akar masalahnya yang ternyata dari ulah karyawan bertipikal provokator ini.
Ya, mengendus sepak terjang kelakuan karyawan provokator ini memang butuh kejelian dari pihak manajemen kantor dan para atasan.
Tidak mudah memang, tapi sangatlah bisa diatasi bila pihak manajemen kantor ataupun para atasan mampu mengidentifikasi konflik dan situasional kekisruhan yang terjadi di kantor.
Yang jelas, adanya karyawan bertipikal provokator ini harus diatasi. Kalau enggak, ya bakal terus-terusan bikin iklim kantor enggak nyaman dan enggak kondusif.Â
Lantas, langkah apa yang bisa diterapkan untuk bagaimana mengetahui adanya eksistensi karyawan yang bertipikal provokator ini?
1. Kejelian mengidentifikasi konflik dan ketidak kondusifan situasi.