Karyawan adalah orang yang bekerja untuk suatu kantor, perusahaan, organisasi, atau lembaga dengan status sebagai pegawai atau buruh yang diupah atas waktu dan usaha yang mereka berikan untuk menjalankan amanah tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan oleh pihak pengusaha atau manajemen.
Ya, karyawan adalah ujung tombak suatu kantor dan menentukan bagaimana sukses dan tidaknya suatu kantor dalam kebereksistensiannya dalam dinamika kerja kekinian.
Oleh karenanya, karyawan juga dituntut bermutu dan berkualitas untuk dapat sejalan dengan visi dan misi organisasi, serta jadi andalan bila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh kantor.
Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana sih kira-kira menjadi karyawan yang bermutu dan berkualitas serta jadi andalan kantor itu?
1. Konsisten bekerja dengan bagus.
Dalam hal ini karyawan patuh terhadap deadline, konsisten dalam mencapai target dan kalau bisa melampaui apa yang menjadi ekspektasi atasan, berdedikasi dan loyal.
2. Proaktif dalam memecahkan masalah.
Ketika masalah muncul, karyawan enggak hanya diam menunggu tanpa hasil, tapi harus mampu proaktif melakukan pencegahan dan memberikan alternatif solusi terhadap masalah yang terjadi di dalam dinamika kerja.
3. Memiliki potensi kedepan menjadi seorang leader.