Peran moderator pada seminar, sarasehan, debat, forum diskusi dan sejenisnya baik itu yang digelar secara tatap muka langsung maupun secara virtual event dan webinar adalah sangat krusial dan penting.
Hal ini karena moderator adalah berperan sebagai pemandu, pengarah, dan pengontrol tertibnya, khidmatnya dan lancarnya, serta suksesnya jalannya suatu acara yang digawanginya.
Dalam menjalankan perannya, moderator haruslah dapat independen, kredibel, serta harus mampu mengelola waktu sesuai dengan rundown acara yang telah ditentukan sampai dengan acara selesai.
Ya, yang perlu untuk diketahui juga adalah, moderator tidaklah sama dengan profesi MC, penyiar TV, penyiar radio, presenter podcast, ancour dalam talkshow dan lainnya yang sejenis.
Akan tetapi, dalam hal peformanya tidaklah jauh berbeda, hanya saja ada yang perlu jadi catatan khusus tersendiri dalam hal mendalami kemampuan untuk berperan menjadi moderator ini.
Nah, oleh karenanya melalui artikel ini, penulis ingin berbagi pengalaman dan tips bagi Anda para pemula atau para newbie, ataupun bagi siapa saja yang mungkin baru ingin terjun berkecimpung mendalami profesi moderator ini.
Lantas, apa saja sih kiranya yang menjadi tips tersebut?
Jadi, agar bisa Anda kedepan dapat memiliki kemampuan yang memenuhi standar untuk menjadi moderator tersebut, maka ada beberapa hal yang kiranya perlu menjadi catatan penting yang di antaranya adalah sebagai berikut;
1. Moderator harus memiliki ketegasan dalam bersikap.
Ya, sebagai pihak yang memiliki peran dalam hal mengarahkan dan mengendalikan jalannya suatu acara, maka moderator harus memiliki ketegasan atau assertiveness dalam bersikap.