Grit atau Kegigihan adalah salah satu variabel psikologis yang berdasar pada kekuatan mental dan karakter individu untuk mencapai tujuan dalam beraktivitas.
Nah, kaitannya dengan dunia kerja yaitu khususnya kepada para karyawan, dengan dihadapkan semakin dinamisnya persaingan dan tantangan dunia kerja ke kinian, maka nilai mutu dan kualitas dari grit ini tentunya adalah sangat perlu jadi pertimbangan mendasar dalam rangka perkembangan karirnya masing-masing.
Sebab, semakin ke sini, banyak dari para pelaku dunia usaha ataupun kantor-kantor, telah menerapkan ukuran penilaian kinerja, mutu, dan kualitas karyawannya melalui parameter tingkat perkembangan grit dari para karyawannya.
Artinya juga, seberapa bisa karyawan dapat dipertimbangkan terkait bagaimana perkembangan karirnya oleh kantor, baik itu soal promosi jabatan, kenaikan gaji, kenaikan insentif jabatan, kenaikan tunjangan kinerja dan sebagainya, akan dinilai juga dari seberapa bermutu dan berkualitas tingkatan grit dari karyawannya.
Sehingga di sinilah yang sebenarnya perlu jadi catatan atau perhatian penting bagi para karyawan, kenapa kiranya semakin ke sini para karyawan perlu mengisi diri ataupun mengoptimasi diri dengan memiliki grit yang mumpuni di lingkungan kerjannya masing-masing.
Lantas, apa sajakah grit yang perlu dimiliki tersebut?
1. Agility Grit
Agility Grit yaitu karyawan yang selalu memiliki kegigihan mental dan karakter untuk selalu lincah, gesit dan trengginas dalam berpikir logis dan kritis, haus akan ilmu dan informasi, dan gigih memahami berbagai keadaan dengan cepat.
Termasuk juga, karyawan yang mampu gigih secara fleksibel bila berhadapan dengan suatu keadaan yang ambiguitas dan unpredictable atau suatu keadaan yang tidak menentu karena tidak dapat diprediksi.
2. Challenge Grit
Challenge Grit yaitu karyawan yang selalu memiliki mental dan karakter gigih untuk siap tanggap dengan tantangan-tantangan baru, gigih proaktif mencari dan menerima feedback dari orang lain dengan tujuan untuk bertumbuh dan berkembang.