Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Inilah 5 Tren Virtual Dunia Kerja, Newcomer Wajib Beradaptasi

19 Februari 2021   20:36 Diperbarui: 22 Februari 2021   01:58 652
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seiring perjalanan pandemi corona yang ternyata menciptakan berbagai adaptasi kebiasaan baru dalam dunia kerja, maka seiring itu juga suatu kantor akan merekrut para newcomer atau pendatang baru yang bisa beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru tersebut.

Dan dapat dimungkinkan juga, meski pandemi corona nantinya akan berakhir sekali pun, berbagai adaptasi kebiasaan baru dalam dunia kerja tersebut sepertinya masih akan berlaku.

Ini karena secara fakta juga membuktikan, bahwa ternyata beberapa adaptasi kebiasaan baru dalam dunia kerja tersebut dirasa efektif dan efisien dalam menekan biaya operasional, sistem manajerial kantor jadi lebih simpel, dan lain sebagainya.

Artinya di sini, para newcomer yang baru akan ataupun yang baru saja terjun berjibaku di dunia kerja harus wajib juga beradaptasi dan siap fight and battle terhadap berbagai adaptasi kebiasaan baru dalam dunia kerja tersebut.

Karena kalau tidak begitu, maka akanlah sangat sulit bagi para newcomer untuk diterima ataupun bertahan dalam dunia kerja.

Nah, berdasar analisa penulis, setidaknya ada 5 trend adaptasi kebiasaan baru dalam dunia kerja yang harus bisa diadaptasikan juga oleh para newcomer dalam rangka siap fight and battle dengan berbagai adaptasi kebiasaan baru dalam dunia kerja tersebut.

Lantas apa sajakah kelima trend adaptasi kebiasaan baru dalam dunia kerja tersebut?

1. Wawancara virtual.

Wawancara virtual adalah proses wawancara jarak jauh dengan menggunakan teknologi mulai dari telepon, video conference, aplikasi daring ataupun platform komunikasi lainnya yang diterapkan secara online.

Di sinilah juga bagi newcomer yang baru melamar kerja wajib segera beradaptasi, sehingga harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan meng-up grade diri terkait bagaimana teknik komunikasi verbal maupun non verbal, performa diri, dan wawas dalam menjawab pertanyaan interviewer serta berbagai hal lainnya yang terkait dengan wawancara virtual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun