Menjalankan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) baik itu perusahaan skala besar, skala menengah, ataupun skala kecil, merupakan cerminan dan implementasi sesuai dengan komitmen terhadap visi dan misi perusahaan masing-masing.
Tata kelola perusahaan yang baik (GCG) juga berperan sebagai landasan dalam membangun dan menciptakan sistem dan struktur perusahaan yang tangguh dan berkelanjutan.
Termasuk juga didalamnya tentang bagaimana perusahaan harus memiliki program pengembangan mutu karyawan secara terpadu dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kompetensi karyawannya dan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki karyawannya.
Begitu juga bagaimana perusahaan dapat bijaksana memberikan program reward kepada karyawan-karyawan yang dianggap telah berhasil turut memajukan perusahaan.
Sehingga program perusahaan dalam rangka meningkatkan mutu dan memberikan reward bagi karyawan menjadi penting untuk diterapkan sebagai langkah yang mendukung tata kelola perusahaan yang baik.
Kenapa program pengembangan mutu karyawan dan memberi reward pada karyawan itu menjadi penting?
Sedikit pengalaman sangat berharga bagi penulis yang pernah mendapat kesempatan membantu merintis dan mengelola perusahaan teman, meskipun perusahaan teman tersebut masih skala menengah, tapi semoga bisa menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi siapa saja yang ingin merintis perusahaan.
Sebelumnya penulis akan mengawalinya terlebih dahulu dari program pengembangan mutu karyawan.

Program pengembangan mutu karyawan tersebut bisa seperti pelatihan, peningkatan pengetahuan, keterampilan, perilaku, kepribadian, tingkat kognitif, dan berbagai pengembangan mutu yang lainnya.
Jadi, seperti yang penulis katakan kenapa program pengembangan mutu karyawan ini menjadi penting, ini karena program pengembangan mutu karyawan juga berfungsi untuk menentukan titik awal development roadmap perusahaan atau dengan kata lain bagaimana perusahaan itu dapat melanjutkan, merintis ataupun mengembangkan bisnis usaha baru.