Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Saya Bakalan Kerja di Rumah, Bahkan Ada Robot AI yang Gantikan

29 November 2019   20:41 Diperbarui: 29 November 2019   20:44 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saya bakalan kerja dirumah | Dokumen milik pribadi

Kedepan peran saya akan digantikan oleh para robot pintar atau Para Artificial Intelligence (AI) dan saya akan kerja dirumah saja atau istilahnya dirumahkan.

Yah, mau bagaimana lagi, saya harus loyal dengan keputusan Pak Presiden Jokowi yang akan memangkas birokrasi, sehingga ASN Eselon III dan Eselon IV di Kementerian dan Lembaga (K/L) akan segeta disederhanakan, bahkan peran saya kedepan akan digantikan oleh para robot pintar dan kami dikandangkan dirumah.

Yah, jujur saya akui keputusan Pak Jokowi sepintas cukup membuat saya resah juga, karena saya termasuk yang ada didalam jajaran Eselon IV tersebut.

Meskipun Pak Jokowi berjanji akan tetap mengarahkan atau mengalihkan Jabatan Strutural yang ada di Eselon III dan Eselon IV ke Jabatan Fungsional, namun secara Pskilogis tetap saja membuat saya gelisah.

Tapi yah sudahlah, namanya juga sudah diputuskan begitu, maka mau tidak mau saya dan para sahabat saya lainnya yang bekerja sebagai ASN dan PNS meski legowo.

Cuman yang sedikit menjadi ganjalan dan yang membuat sedih adalah, setelah sekian lama mengabdi belasan tahun atau mungkin seperti rekan saya lainnya yang sudah mengabdi berpuluh-puluh tahun lamanya pada akhirnya kami harus diganti robot!

Sedih saya, asli sedih banget, sempat saya berpikiran sebegitu tak bergunanyakah kami ini? Seolah menegaskan bahwasanya selama ini kami adalah layaknya memang benar-benar laskar tak berguna.

Padahal sejatinya para Robot AI itu juga merupakan buatan manusia, tapi akhirnya mereka sekarang malah menggantikan manusia.

Tapi kembali lagi, saya dan teman-teman sejawat harus loyal dan setia pada negara dan pemerintah, tentunya Pak Presiden Jokowi dan pemerintah memiliki tujuan yang sangat baik.

Agar pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat dapat lebih baik lagi serta dapat optimal dan maksimal.

Mungkin dengan hadirnya para robot AI itu, kedepan akan semakin membuat pelayanan publik lebih manusiawi dan jadi lebih hebat lagi, serta birokrasi jadi lebih simpel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun