Mohon tunggu...
Sifa Nurul apriliyani
Sifa Nurul apriliyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menjalankan aktivitas dengan keikhlasan yang akan menuntun kita pada kedamaian.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Profesionalitas Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan Publik yang Berkualitas di kota Tegal

9 Januari 2025   12:22 Diperbarui: 9 Januari 2025   12:22 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

defenisi pelayanan publik
     Dalam suatu lembaga pemerintahan yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat, pelayanan public merupakan salah satu unsur penting. Pelayanan  dapat  diartikan  sebagai pemberian    (melayani)    keperluan    peroranganatau    masyarakat    yang    mempunyai kepentingan  pada  organisasi  itu  sesuai  dengan aturan pokok  dan tata cara yang ditentukan. Pelayanan Publik menjadi sorotan utama dalam penyelenggaraan pemerintahan.  Menurut Kamus  Besar  Bahasa  Indonesia,  pelayanan  memiliki  tigamakna, yakni Perihal  atau  cara melayani, Usaha  melayani  kebutuhan  orang  lain dengan memperoleh imbalan atau uang, Kemudahan yang diberikan sehubungan dengan jual beli barangatau jasa. Menurut Ratminto dan Atik SeptiWinarsih(2007:4)  pengertian  pelayanan  publik  atau pelayanan  umum  adalahdapatdidefinisikansebagaisegala  bentuk  jasa  pelayanan,  baik dalam  bentuk  barang  publik  maupun  jasa  publik  yang  pada  prinsipnya  menjadi  tanggung jawab  dan  dilaksanakan oleh instansi pemerintah  dipusat,  didaerah,  dan  dilingkungan badan  usaha  milik  negara  atau  badan  usaha  milik  daerah,  dalam  upaya  pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangkapelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.Berdasarkan  Keputusan  Menteri  Pendayagunaan  Aparatur  Negara  Nomor  63  Tahun 2003,  definisi  dari  pelayanan  umum  adalah  :  Segala  bentukpelayanan  yang  dilaksanakan oleh  instansi  pemerintah  di pusat,  di  daerah,  dan  dilingkungan  badan  usaha  milik  negara atau  badan  usaha  milik  daerah  dalambentuk  barang  dan  atau  jasa,  baik  dalam  rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Menurut   Hardiyansyah   (2011:12)   pengertian   pelayanan   publik   adalah   melayani keperluan   orang   atau   masyarakat   atau   organisasi   yang   memiliki   kepentingan   pada organisasi, sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang ditentukan dan ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada penerima layanan. Maka  dapat  disimpulkan  bahwa Pelayanan public merupakan salah satu kebutuhan dalamrangka  pemenuhan  pelayanan  sesuai  peraturan  perundang-undangan.  Pemenuhan kebutuhan   merupakan   hak   dasar   bagi   setiap   warga   negara   dan   penduduk   untuk mendapatkan   pelayanan   atas   barang,   jasa   dan   administratif   yang   disediakan   oleh penyelenggara pelayanan publik dengan maksimal. 2) Standar Pelayanan PublikSetiap  Penyelenggaraan  pelayanan  publik  harus  memiliki  standar  pelayanan,sebagai jaminan  adanya kepastian  bagi  pemberi didalam  pelaksanaan  tugas danfungsinya  dan  bagi penerima    pelayanan    dalam    proses    pengajuan    permohonannya.    Standar    pelayanan merupakan  ukuran  yang  dibakukan  dalam  penyelenggaraan  pelayanan  publik  sebagai pedoman  yang  wajib  ditaati  dan  dilaksanakan  oleh  penyelenggara  pelayanan,  dan  menjadi pedoman  bagi  penerima  pelayanan  dalamproses  pengajuan  permohonan,  serta  sebagai  alat kontrol  masyarakat  atau  penerima  layanan  atas  kinerja  penyelenggara  pelayanan(lafau Weni and others 2024).  Oleh karena  itu  perludisusun  dan  ditetapkan  standar  pelayanan  sesuai  dengan  sifat,  jenis  dan karakteristik pelayanan yang diselenggarakan serta memperhatikan lingkungan.Dalam  proses  perumusan  dan  penyusunannya  melibatkan  masyarakat  ataustakeholderlainnya   (termasuk   aparat   birokrasi)   untuk   mendapatkan   saran   dan   masukan   dan membangun  kepedulian  dan  komitmen.Sinambela  (2010:6)  secara  teoritis  tujuan  pelayanan.
2) Standar Pelayanan Publik
Setiap  Penyelenggaraan  pelayanan  publik  harus  memiliki  standar  pelayanan,sebagai jaminan  adanya kepastian  bagi  pemberi didalam  pelaksanaan  tugas danfungsinya  dan  bagi penerima    pelayanan    dalam    proses    pengajuan    permohonannya.    Standar    pelayanan merupakan  ukuran  yang  dibakukan  dalam  penyelenggaraan  pelayanan  publik  sebagai pedoman  yang  wajib  ditaati  dan  dilaksanakan  oleh  penyelenggara  pelayanan,  dan  menjadi pedoman  bagi  penerima  pelayanan  dalamproses  pengajuan  permohonan,  serta  sebagai  alat kontrol  masyarakat  atau  penerima  layanan  atas  kinerja  penyelenggara  pelayanan.  Oleh karena  itu  perludisusun  dan  ditetapkan  standar  pelayanan  sesuai  dengan  sifat,  jenis  dan karakteristikpelayanan yang diselenggarakan serta memperhatikan lingkungan. publik   pada   dasarnya   adalah   memuaskan   masyarakat.Untuk   mencapai   kepuasan   itu dituntut kualitas pelayanan prima yang tercermin sebagai beriku(Widianingsih 2021) :
a)Transparan  Pelayanan  yang  bersifat  terbuka, mudah  dan  dapat  diakses  oleh  semua pihakyang membutuhkan dan disediakan secara memadai serta mudah dimengerti.
b)Akuntabilitas  Pelayanan  yang  dapat  dipertanggungjawabkan  sesuai  dengan  ketentuan peraturan perundang-undangan.
c)Kondisional   Pelayanan   yang   sesuaidengan   kondisi   dan   kemampuan   pemberi   dan penerimapelayanan dengan tetap berpegang pada prinsip efisiensi dan efektivitas.
d)Partisipatif Pelayanan yang dapat mendorong peran serta masyarakatdalam  penyelenggaraan  pelayanan  publik  dengan  memperhatikan  aspirasi,  kebutuhan dan harapan masyarakat.
e)Kesamaan  Hak  Pelayanan  yang  tidak  melakukan  diskriminasi  dilihat  dari aspek  apapun khususnya suku, ras, agama, golongan, status social dan lain-lain.
f)Keseimbangan  Hak  Dan  Kewajiban  Pelayanan  yang  mempertimbangkan  aspekkeadilan antara pemberi dan penerima pelayanan publik.Dengan  demikian,  penulis  dapat  simpulkan  adanya  standar  pelayanan  publik  dapat memberikan  akses  informasi  kepada  masyarakat  sehingga  dalam  persyaratan  pelayanan baik persyaratan prosedur, biaya dan jangka waktu dapat diukur dan diketahui masyarakat tanpa     mengalami     kebingungan     serta     menuntut     pengawasan     masyarakat     dalam penyelenggaraanya.

Kompetensi     aparatur     Profesionalisme
       Kompetensi     aparatur     Profesionalisme   merupakan     cermin     dari     kemampuan (competensi) yaitu memiliki pengetahuan (knowledge) dan keahlian (skill) dalam mengerjakan pekerjaan yang ditanggung jawabinya yang diperoleh dari pendidikan dan pelatihan sesuai dengan  tuntutan  pekerjaannya  sebagai  pegawai  negeri;  keterampilan  tertentu  (spesialisasi kerja)  yang  dibutuhkan  dalam  bidang  pekerjaan  yang  ditanggung  jawabinya  yang  ada  di dalam  diri  pegawai  yaitu  tersedianya  modal  kecakapan,  ketangkasan  atau  modal  lainnya yang memungkinkan anggota  itu dapat berbuat  banyak  bagi  organisasinya;  serta  ditunjang dengan  tingkat  pengalaman  (experience)  dalam  melaksanakan  tugas  yang  diberikan  yang tidak  mungkin  muncul  tiba-tiba  tanpa  melalui  perjalanan  waktu  dimana  pengalaman  kerja berkaitan  dengan  pengetahuan  dan  keterampilan  orang  yang  mempunyai  kematangan pengalaman  pekerjaan  yang  tinggi  dalam  bidang  tertentu  untuk  melakukan  tugas-tugas tertentu tanpa arahan dari orang lain, secara kejiwaan pengalaman kerja yang matang dalam suatu bidang tugas akan dapat menimbulkan rasa tanggung jawab dan percaya diri.Loyalitas    atau    kesetiaan    Berhubungan    dengan    disiplin    dalam    memulai    dan menyelesaikan   pekerjaan   yang   dikerjakan,   menaati   segala   peraturan   organisasi   yang melandasi  pekerjaan  yang  berlaku  atau  diberikan,  melaksanakan  pekerjaan  yang  diberikan oleh  atasan  dan  berkaitan  erat  dengan  pemberi  pelayanan  yang tidak  membeda-bedakan atas  dasar  golongan  tertentu.  Loyalitas  atau  kesetiaan  diberikan  kepada  konstitusi,  hukum, pimpinan,  bawahan  dan  rekan  kerja.  Loyalitas  atau  kesetiaan  terkait  dengan  kebersediaan pegawai untuk membantu sesama rekan kerja.
Kendala yang di hadapi oleh masyarakat maupun aparat pemeintahan
Lambatnya Proses Pelayanan, factor penyebabnya :
Proses Birokrasi yang Rumit, Banyaknya langkah dan persyaratan administratif yang harus dipenuhi sering kali memperlambat pelayanan. Hal ini menciptakan hambatan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan publik.
Keterbatasan Sumber Daya Manusia, Jumlah pegawai yang tidak memadai dan kurangnya keterampilan serta motivasi di kalangan petugas menyebabkan waktu tunggu yang lama dan pelayanan yang tidak efisien.
Ketidakjelasan Prosedur, Prosedur yang tidak jelas dan berbelit-belit membuat masyarakat bingung dan terpaksa menunggu lebih lama untuk mendapatkan layanan6.
Adanya Pungutan Liar, Definisi dan Penyebab:
Pungutan liar adalah praktik meminta imbalan uang di luar ketentuan resmi, sering kali dilakukan oleh petugas pelayanan publik. Praktik ini muncul karena:
Motif Ekonomi, Gaji pegawai negeri yang rendah mendorong mereka untuk mencari tambahan penghasilan melalui pungli.
Kurangnya Pengawasan, Lemahnya sistem pengawasan memungkinkan pungli berkembang tanpa adanya sanksi atau kontrol yang efektif.
Posisi Masyarakat yang Rentan, Masyarakat sering kali berada dalam posisi lemah, terpaksa membayar pungli agar proses pelayanan dapat dipercepat.
Prosedur yang Berbelit-Belit, Dampak dari Prosedur Rumit:
Inefisiensi, Prosedur yang panjang dan berbelit-belit mengakibatkan waktu pelayanan menjadi lebih lama, sehingga masyarakat merasa frustrasi37.
Ketidakpuasan Masyarakat, Ketidakjelasan mengenai biaya dan waktu penyelesaian membuat masyarakat merasa tidak puas terhadap layanan yang diberikan8.
Budaya Korupsi, Prosedur yang rumit sering kali menciptakan peluang bagi praktik korupsi, termasuk pungutan liar, karena petugas memiliki kekuasaan untuk mempersulit atau mempermudah proses berdasarkan kepentingan pribadi mereka(. 2016).
Permasalahan Keterbatasan Sumber Daya Manusia
Faktor Penyebabnya seperti, Kualitas SDM yang Rendah: Banyak pegawai di instansi pelayanan publik tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai, sehingga berdampak pada kualitas pelayanan yang diberikan. Hal ini sering kali disebabkan oleh kurangnya pelatihan dan pengembangan profesional. Jumlah Pegawai yang Tidak Memadai: Beberapa daerah mengalami kekurangan pegawai, dengan banyak posisi kosong yang tidak terisi. Ini mengakibatkan beban kerja yang berlebihan pada pegawai yang ada, sehingga mengurangi efisiensi dan efektivitas pelayanan. Perencanaan Formasi Jabatan yang Buruk: Banyak instansi tidak memiliki perencanaan formasi jabatan yang jelas, sehingga terjadi ketidaksesuaian antara jumlah pegawai dan kebutuhan pelayanan di lapangan.
Akibatnya berdampak kepada proses pelayanan yang tidak berkualitas
Pelayanan yang Tidak Memuaskan, Keterbatasan SDM menyebabkan lamanya waktu tunggu dan proses pelayanan yang tidak efisien, sehingga masyarakat merasa tidak puas.
Kurangnya Responsivitas, Pegawai yang terbatas dalam jumlah dan kemampuan sering kali tidak dapat merespons kebutuhan masyarakat dengan cepat dan tepat4.
Pengawasan dalam Pelayanan Publik, Masalah pada fungsi Pengawasan:
Pengawasan yang Lemah: Sistem pengawasan terhadap kinerja pegawai sering kali tidak berjalan dengan baik, sehingga praktik-praktik buruk, seperti pungutan liar, dapat berkembang tanpa adanya sanksi.
Kurangnya Akuntabilitas: Tanpa pengawasan yang ketat, pegawai publik mungkin tidak merasa bertanggung jawab atas kualitas pelayanan mereka, berpotensi menurunkan standar pelayanan. Dampaknya akan menjadi Prosedur yang tidak diawasi dengan baik dapat menyebabkan pemborosan waktu dan sumber daya, serta meningkatkan frustrasi masyarakat terhadap layanan publik. Ketidakpuasan terhadap pelayanan publik akibat kurangnya pengawasan dapat mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan institusi publik. Secara keseluruhan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu ada perhatian serius terhadap pengembangan SDM serta penguatan sistem pengawasan agar dapat menciptakan layanan yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
tujuan
     Tujuan dari profesionalitas aparatur pemerintah dalam pelayanan publik yang berkualitas di Kota Tegal mencakup beberapa aspek penting yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan layanan kepada masyarakat. Berikut adalah beberapa tujuan utama yang dapat diidentifikasi:
Mewujudkan Birokrasi yang Profesional, Salah satu tujuan utama adalah menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, integratif, dan berkinerja tinggi. Hal ini diharapkan dapat mengurangi praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.
Peningkatan Kinerja ASN, Pemerintah Kota Tegal berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui pelatihan dan internalisasi nilai-nilai dasar seperti integritas, netralitas, dan akuntabilitas. Dengan demikian, ASN diharapkan dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan berkualitas.
penguatan Budaya Kerja, Tujuan lainnya adalah memperkuat budaya kerja di kalangan ASN agar lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Hal ini mencakup penerapan sistem manajemen yang efektif serta pemanfaatan teknologi informasi untuk mempermudah akses layanan(adar BakhshBaloch 2017).
Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tegal, sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik yang menyediakan data dan informasi statistik, senantiasa berusaha memberikan pelayanan prima kepada konsumen. BPS Kota Tegal telah menyelenggarakan SKM secara rutin setiap tahun yang diintegrasikan ke dalam Survei Kebutuhan Data (SKD). Survei ini selain bertujuan untuk mendapatkan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan data BPS Kota Tegal, juga bertujuan mengidentifikasi kebutuhan data dan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas data yang dihasilkan oleh BPS.Laporan hasil pelaksanaan SKD 2023 disajikan dalam bentuk publikasi yang berjudul "Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Tegal 2023". Publikasi ini berisikan gambaran mengenai kebutuhan data konsumen dan persepsi konsumen terhadap kinerja pelayanan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS serta persepsi konsumen terhadap kualitas data BPS. Indikator utama yang disajikan dalam publikasi ini mencakup Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun