Asistensi mengajar di satuan pendidikan merupakan aktivitas pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif dengan guru/tutor/fasilitator/orang tua di berbagai satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal, non-formal, dan informal. Satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal meliputi jenjang pendidikan anak usia dini, yaitu Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain (TK-KB), Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) atau yang sederajat, serta Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/MA/SMK) atau yang sederajat.
Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa secara berkelompok yang berasal dari dua program studi yaitu S1 Pendidikan Akuntansi dan S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Kami berasal dari S1 Pendidikan Akuntansi yang beranggotakan enam mahasiswa yaitu Antik Hamidah, Ella Khoirun Nisa, Mariatul Kiftiyah, Nur Laili Rachmawati, Vania Nuraziza, dan Viola Putri Arnelyta, yang dibimbing oleh Ibu Miranti Puspaningtyas, S.Pd, M.Akun, CSRA, CBV. selaku dosen pembimbing, Ibu Hesti Damayanti, S.Pd., M.Pd., dan Ibu  Ulmi Rohmaniah, S.Pd selaku guru pamong. Rangkaian kegiatan dilakukan selama 1 semester di satuan pendidikan yaitu SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Kegiatan Asistensi Mengajar (AM) dimulai tanggal 19 Februari 2024 dan berakhir tanggal 14 Juni 2024, tahap pertama yang kami lakukan yaitu perencanaan program Asistensi Mengajar dengan melakukan observasi ke sekolah.
Sebagai mahasiswa pendidikan yang disiapkan untuk menjadi tenaga pendidik tentu saja sebuah pengalaman langsung di lapangan sangatlah penting. Pada program asistensi mengajar, kami sebagai mahasiswa kependidikan tidak hanya membantu pada kegiatan akademik saja. Berikut rangkain kegiatan asistensi mengajar dari berbagai bidang di SMK Cendika Bangsa :Â
Akademik: Dalam bidang Akademik kami menyusun perangkat ajar dan melakukan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Selain itu, kami juga membuat media pembelajaran inovatif berbasis digital. Diantaranya Website Si-Aksa untuk mata pelajaran akuntansi dasar kelas X, Website AKeUBISA untuk mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI, Website ACCOMP untuk mata pelajaran komputer akuntansi kelas XI, dan Website PAKAR untuk mata pelajaran praktikum akuntansi kelas XI. Di samping media website, kami juga membuat media pembelajaran video interaktif berbasis H5P dan AR.
Pembuatan media pembelajaran inovatif juga memberikan dampak positif untuk pendidikan. Sehingga program ini mendukung SDGs ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas. Hal ini juga relevan dengan visi dan misi yang dimiliki SMK Cendika Bangsa.Non-Akademik: Dalam bidang Non-Akademik yakni berpartisipasi sebagai panitia wisuda, Â kesiswaan dengan membantu tata tertib siswa, dan ekstrakurikuler seperti pramuka. Selain itu, terdapat program kerja prodi yaitu membuatkan website Jurusan Akuntansi SMK Cendika Bangsa yang berisikan informasi umum jurusan dan materi pembelajaran sehingga bermanfaat untuk keberlanjutan pembelajaran efektif dan berbasis digital. Tidak hanya itu saja, kami juga melaksanakan program kerja bersama jurusan S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran yaitu mengadakan Pelatihan Artificial Intelligence untuk para guru dan staf di SMK Cendika Bangsa. Adanya program kerja bersama ini sangat memberikan manfaat khususnya bagi para guru untuk menyiapkan media pembelajaran berbasis AI. Â Rangkaian kegiatan non-akademik menjadi pengalaman yang berharga untuk terjun langsung dalam kegiatan peserta didik diluar kegiatan akademik.
Administrasi: Dalam bidang administrasi kami mahasiswa asistensi mengajar mendapat pengalaman yang berharga dalam membantu orang tua/wali peserta didik dalam penerimaan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), dan melakukan data entry terkait slip pembayaran siswa, surat permohonan orang tua/wali, dan data administrasi sekolah.
Dari kegiatan yang th
SMK Cendika Bangsa memiliki kegiatan yang berbeda dengan sekolah lain seperti adanya pembiasaan apel dan pembiasaan An-Nashr yang dilaksanakan setiap pagi, serta kegiatan yang dilaksanakan setiap Hari Jum’at yang disesuaikan dengan kalender jawa, dimana selain mengenalkan budaya-budaya islam moderat peserta didik juga dibiasakan mengenal budaya-budaya dan kebiasaan adat sebagai masyarakat jawa.
Selama Asistensi Mengajar, kami memperoleh pengetahuan tentang manajemen diri, manajemen waktu, interaksi sosial, dan pendekatan penyelesaian masalah. Selain itu, kami memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan ratusan siswa dan melihat bagaimana sekolah menjalankan tugasnya. Kami membuat perangkat ajar sesuai mata pelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Kegiatan pembelajaran membutuhkan perangkat ajar agar berlangsung dengan baik dan terorganisir. Untuk kelas X di SMK Cendika Bangsa, kurikulum merdeka sudah diterapkan. Jam pembelajaran dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.00 WIB. Kami belajar untuk berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan pembagiannya masing-masing.Â